CONTOH PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Warta Madrasah - sahabat warta madrasah berikut kami sajikan contoh Program Kerja Perpustakaan Sekolah/Madrasah
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
A.   Program Jangka Panjang Tahun 2011 – 2015
Perpustakaan Sekolah menargetkan pada tahun 2015 telah menjadi digital library dengan tenaga pustakawan yang kompeten dan regenerasi pustakawan muda secara kontinu. Untuk mewujudkan maka akan terbagi menjadi beberapa tahap dan setiap tahap memiliki langkah-langkah yang jelas, rinci, berkesinambungan dan terukur. Secara global dapat digambar sebagai berikut :
Gambar 1. Alur Program Kerja berdasarkan waktu
          Program tahun pertama merupakan langkah awal yang menentukan langkah berikutnya, artinya tahun pertama inilah yang menjadi pondasi bagi terlaksananya digital library Sekolah. Langkah pertama lebih cenderung pada inventarisasi kebutuhan, pengadaan internet sebagai modal dasar, pelatihanan dan pendidikan tenaga pustakawan.
Inventarisasi kebutuhan yang dimaksud adalah menginventarisasi apa saja yang dibutuhkan dalam perpustakaan untuk sementara dan lebih diutamakan pada proses kegiatan belajar mengajar. Maka secara otomatis diinventaris adalah buku paket dan buku penunjang setiap mata pelajaran dalam bentuk digital (soft ware) yang akan disave dalam bank saver komputer perpustakaan.
Media pembelajaran dalam bentuk digital lebih dikenal dengan e learning telah tersedia dan dapat dibeli di tempat tertentu. Media ini menjadi target kedua yang menjadi inventaris dalam bentuk digital (soft ware).
Buku-buku digital seperti cerita fiksi, ilmiah, bahkan novel telah banyak tersedia dan dapat dibeli, ini merupakan memperkaya khazanah perpustakaan. Maka inventaris dalam hal ini perlu dilakukan prioritas terlebih dahulu mana yang diperlukan dulu, mengingat banyak materi yang tersedia dan dengan harga relative cukup mahal. Penentuan skala prioritas ini menuntun kita pada penataan sumber-sumber belajar oleh guru mata pelajaran.
Sebagai sebuah embrio dari kemunculan digital library, maka harus mempunyai program kerja jangka pendek (satu tahun : 2011/2012) sebagai berikut:
Pendataan dan Validasi data
Penerbitan Portal Web dan Milist sebagai media komunikasi
Perancangan Anggaran
Penjaringan dan Penerbitan Informasi Kerja
Pelatihan dan atau Workshop Teknologi Informasi Perpustakaan
Melakukan kontak kerjasama dengan organisasi lain dalam bidang perpustakaan dan informasi seperti IPI, ISIPII, APISI, Forum Perpustakaan Madrasah, dan lain-lain.
Penggalangan Dana melalui iuran anggota dan usaha lain yang tidak menyimpang dari kebijakan sekolah.
Perpustakaan sekolah hendaknya dikelola dalam kerangka kerja kebijakan yang tersusun secara jelas. Kebijakan perpustakaan sekolah disusun dengan mempertimbangkan berbagai kebijakan dan kebutuhan sekolah yang menyeluruh, serta mencerminkan etos, tujuan dan sasaran maupun kenyataan sekolah.
Kebijakan tersebut menentukan kapan, di mana, untuk siapa dan oleh siapa potensi maksimal akan dilaksanakan. Kebijakan perpustakaan akan dapat dilaksanakan bila komunitas sekolah mendukung dan memberikan sumbangan pada maksud dan tujuan yang ditetapkan di dalam kebijakan. Karena itu, kebijakan tersebut harus tertulis dengan sebanyak mungkin keterlibatan yang berjalan secara dinamis, melalui banyak konsultasi yang dapat diterangkan, serta hendaknya disebarkan seluas mungkin melalui media cetak.
Dengan demikian, filosofi, ide, konsep dan maksud untuk pelaksanaan dan pengembangannya akan makin jelas serta dimengerti dan diterima, sehingga hal itu dapat segera dikerjakan secara efektif dan penuh semangat. Kebijakan tersebut harus komprehensif serta dapat dilaksanakan. Kebijakan perpustakaan sekolah tidak boleh ditulis oleh pustakawan sekolah sendirian, tetapi harus melibatkan para guru dan manajemen senior. Konsep kebijakan harus dikonsultasikan secara luas di sekolah dan mendapat dukungan melalui diskusi terbuka yang mendalam. Dokumen dan rencana kerja berikutnya akan menjelaskan peranan perpustakaan dalam hubungannya dengan berbagai aspek berikut:
• kurikulum sekolah
• metode pembelajaran di sekolah
• memenuhi standar dan kriteria nasional dan lokal
• kebutuhan pengembangan pribadi dan pembelajaran siswa dan
• kebutuhan tenaga pendidikan bagi staf
• meningkatkan aras keberhasilan.
Komponen yang memberikan sumbangan ikut ambil bagian dalam perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik dan efektif secara maksimal adalah sebagai berikut:
• anggaran dan pendanaan
• tempat/lokasi
• sumberdaya
• organisasi
• ketenagaan
• penggunaan perpustakaan
• promosi.
Semua komponen tersebut di atas adalah penting di dalam kerangka kerja kebijakan dan rencana kegiatan yang realistis. Aspek tersebut akan dibahas di dalam dokumen ini. Rencana kegiatan harus mencakup strategi, tugas, sasaran, pemantauan dan evaluasi secara rutin. Kebijakan dan rencana merupakan dokumen aktif yang harus selalu ditinjau ulang.




Penutup.
Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral proses pendidikan. Berikut ini butiran penting bagi pengembangan literasi, literasi informasi, pengajaran, pembelajaran dan kebudayaan serta merupakan jasa inti perpustakaan sekolah:
• mendukung dan memperluas sasaran pendidikan sebagaimana digariskan dalam misi dan kurikulum sekolah;
• mengembangkan dan mempertahankan kelanjutan anak dalam kebiasaan dan keceriaan membaca dan belajar, serta menggunakan perpustakaan sepanjang hayat mereka;
• memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dalam menciptakan dan menggunakan informasi untuk pengetahuan pemahaman, daya pikir dan keceriaan;
• mendukung semua murid dalam pembelajaran dan praktek keterampilan mengevaluasi dan menggunakan informasi, tanpa memandang bentuk, format atau media, termasuk kepekaan modus berkomunikasi di komunitas;
• menyediakan akses ke sumber daya lokal, regional, nasional dan global dan kesempatan pembelajar menyingkap ide, pengalaman dan opini yang beraneka ragam;
• mengorganisasi aktivitas yang mendorong kesadaran serta kepekaan budaya dan sosial;
• bekerja dengan murid, guru, administrator dan orangtua untuk mencapai misi sekolah;
• menyatakan bahwa konsep kebebasan intelektual dan akses informasi merupakan hal penting bagi terciptanya warga negara yang bertanggung jawab dan efektif serta partisipasi di alam demokrasi;
• promosi membaca dan sumber daya serta jasa perpustakaan sekolah kepada seluruh komunitas sekolah dan masyarakat luas.
Perpustakaan sekolah memenuhi fungsi tersebut dengan mengembangkan kebijakan dan jasa, memilih dan memperoleh sumber daya informasi, menyediakan akses fisik dan intelektual ke sumber informasi yang sesuai, menyediakan fasilitas pembelajaran, serta mempekerjakan staf terlatih.
Rencana strategis yang telah dirumuskan merupakan hal yang dapat dirubah dan dikembangkan secara periodik sesuai dengan kebutuhan perpustakaan dan situasi lingkungan yang senantiasa berubah dan berkembang.
Usulan rencana strategis ini hanya dapat teraplikasi jika dapat terlaksana dengan baik dan dukungan dari pimpinan Sekolah dan Yayasan Kemala Bhayangkari serta lembaga–lembaga terkait baik yang berada dalam lingkungan Sekolah, disertai dengan adanya kerjasama yang solid dalam organisasi perpustakaan itu sendiri..
Kami berharap usulan rencana strategis dan program kerja ini mempunyai nilai manfaat bagi perpustakaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai perpustakaan sekolah.


0 Response to "CONTOH PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH"

Post a Comment