Warta Madrasah - sahabat warta madrasah berikut kami sajikan contoh SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA. Selengkapnya ada di Versi MS. Word dan juga Kunci Jawabanya
Perhatikan paragraf
berikut ini!
Kapolri Jendral Pol Badrodin Haiti menyambut positif penghargaan kepada orang orang yang bekerja keras tanpa pamrih. Badrodin pun memberi apresiasi kepada salah satu peraih penghargaan yang juga merupakan anggota polwan dari polres Nganjuk, Jawa Timur, yakni Aiptu Naniek Yuliati. Naniek mendapat penghargaan pada kategori pelayanan publik karena mampu melayani dan menangani puluhan warga Nganjuk yang dipasung lantaran gangguan jiwa.
1.
Istilah apresiasi pada paragraf tersebut
adalah...
a.
Pembuktian terhadap sesuatu
b.
Penghargaan terhadap sesuatu
c.
Pengamatan terhadap sesuatu
d.
Pengarahan terhadap sesuatu
Paragraf
berikut untuk soal nomor 2 dan 3!
1)
Kebakaran hutan dan lahan seluas1,7 juta
hektare menyebabkan berbagai masalah.
2) Lebih dari 43 juta warga terpapar asap dan
504.000 warga terkena infeksi saluran napas.
3) Tidak hanya itu, terdapat 12 warga
meninggal dan kerugian materi ditaksir sekitar Rp.
20 triliun. 4) Asap juga melumpuhkan aktivitas
penerbangan selama hampir dua bulan,
mematisurikan
perekonomian rakyat, dan menghentikan aktivitas pendidikan. 5) Jika Pemerintah
tegas dan membela
kepentingan rakyat, sejak awal pelaku pembakaran hutan pasti telah ditindak
tegas.
2.
Kalimat opini dalam paragraf tersebut ditunjukan
kalimat...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
3.
Apa yang menyebabkan berbagai masalah dalam
paragraf tersebut?
a.
Kebakaran hutan terjadi karena ketidaktegasan
pemerintah.
b.
Peristiwa kabut asap terjadi karena
pembakaran hutan.
c.
Masalah tersebut disebabkan kebakaran hutan
dan lahan.
d.
Berbagai masalah terjadi karena perekonomian
mati suri.
e.
Kebkaran hutan sebabkan aktivitas pendidikan
terhenti.
Bacalah kutipan biografi berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.
Taufik Ismail lahir di Bukittinggi, 25 juni 1935. Ia pertama masuk
sekolah rakyat di Solo. Selanjutnya ia pindah ke Semarang. Pada tahun 1956-1957
ia memenangkan beasiswa American Service
International School. Semasa mahasiswa, Taufiq Ismail aktif dalam berbagai
kegiatan. Tercatat ia pernah menjadi ketua Senat Mahasiswa FKHP IPB (1960-1961)
dan Wakil Ketua Dewan Mahasiswa (1960-1962). Ia pernah mengajar sebagai guru
bahasa di SMA Regina Pacis, Bogor dan asisten dosen IPB. Taufiq telah
menghasilkan syair lagu sebanyak 75 buah. Ia pernah mewakili Indonesia dalam
membaca puisi dan Festival Sastra di 24 kota di Asia, Amerika, Australia,
Eropa, dan Afrika sejak 1970. Tahun 1993 karena perang Teluk, Taufiq pulang ke
Indonesia sebelum selesai studi bahasanya. Pada tahun 1993, Taufiq diundang
menjadi pengarang tamu di Dewan Bahasa dan Pusataka Kuala Lumpur. Taufiq selalu
tampil membacakan puisi-puisinya.
4. Hal yang dapat
diteladani dari Taufiq Ismail adalah ...
a. Ia
memenangkan beasiswa American Field
Service International School.
b. Ia
aktif dalam berbagai kegiatan sastra dan bahasa.
c. Ia
telah banyak menghasilkan syair lagu bertema religi
d. Ia
selalu membacakan puisi-puisinya dalam peristiwa bersejarah.
e. Ia
menjadi tamu undangan di Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur.
5. Mengapa Taufiq
pulang ke Indonesia sebelum selesai studi bahasanya?
a. Karena
kesibukannya dalam berbagai kegiatan.
b. Karena
mengajar salah satu SMA di Bogor.
c. Karena
terjadi Perang Teluk tahun 1993.
d. Karena
ingin melanjutkan studinya di Indonesia.
e. Karena
diundang menjadi pengarang tamu.
6. Perhatikan paragraf berikut ini!
Bengawan Solo kembali
mengamuk atas eksloitasi, destruksi, dan keserakahan manusia.
Jembatan dan akses
jalan putus. Permukiman dan sawah terendam banjir. Rakyat miskin
kedinginan, lapar,
stress, bahkan terkubur hidup-hidup oleh tanah longsor. Tanah longsor mejadi
subur karena banyak
humus didalamnya.
Ide pokok paragraf
tersebut adalah...
a.
Mengamuknya Bengawan Solo
b.
Keadaan banjir Bengawan Solo
c.
Terulang lagi musibah Bengawan Solo
d.
Rusaknya bantaran Bengawan Solo
e.
Amukan dahsyat Bengawan Solo
Bacalah
kalimat panjang berikut dengan saksama!
Sejak lahirnya konsep pemikiran baru
dalam ilmu kedokteran, yang dicetuskan oleh profesor Linus Pauling, yakni
tentang ortomolecular medicine yang
pada dasarnya adalah studi biologi molekular sebagai sains dasar, penelitian
medis diarahkan pada molekul-molekul yang secara normal biologis filosofis ada
dalam tubuh manusia.
7. Inti kalimat panjang tersebut adalah...
a.
Konsep pemikiran baru dicetuskan oleh
Profesor Linus Pauling
b.
Ortomolecular
medecine adalah
sains dasar
c.
Ortomolecular
medecine dasarnya
adalah studi biologi
d.
Penelitian medis diarahkan pada molekul
e.
Biologi molekuler merupakan sains dasar
Perhatikan
Paragraf berikut ini!
Jumlah becak di Kota Solo sangat banyak.
Alat transportasi ini masih disukai warga Solo saat berpergian dalam jarak
dekat. Namun begitu, persoalan muncul dengan keberadaan becak tersebut. Salah
satu persoalan tersebut adalah pelanggaran lalulintas yang sering dilakukan
para pengemudi becak. Pelanggaran lalu lintas itu terjadi karena para pengemudi
becak merasa bebas dari aturan. Meskipun lampu rambu lalulintas menyala merah, tetap
saja mereka menerobos. Pelanggaran lalu lintas semacam itu sangat berbahaya
bagi pengemudi becak dan pengguna lain jalan.
8. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah...
a.
Menjelaskan keindahan becak sebagai alat
transportasi tradisional di Kota Solo.
b.
Menginformasikan permasalahan pelanggaran
lalu lintas oleh pengemudi becak di Kota Solo.
c.
Mengajak warga Solo agar tetap melestarikan
keberadaan becak sebagai warisan budaya.
d.
Menjelaskan pelanggaran lalu lintas bagi
pengemudi kendaraan dan pengguna jalan.
e.
Menginformasikan adanya peraturan yang dibuat
khusus untuk pengemudi becak di Kota Solo.
Bacalah
Paragraf berikut ini !
1) Kekerasan terhadap anak semakin
marak. 2) Satgas Perlindungan Anak misalnya, setiap hari menerima laporan
kekerasan dan kejahatan terhadap anak. 4) Tingginya angka kekerasan tehadap
anak memperlihatkan ketidakpedulian kita terhadap anak untuk tumbuh dan
berkembang dengan wajar, bebas dari rasa takut, dan ancaman. 5) Oleh karena
itu, kita menuntut Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak membuat kebijakan
nasional yang lebih konkret dalam melindungi anak.
9. Opini penulis dalam paragraf tersebut ditunjukan
dalam kalimat...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 5
c. 2 dan 3
d. 3 dan 5
e. 4 dan 5
10. Perhatikan
kutipan berikut!
Pada dasarnya untuk menciptakan
sekolah yang ramah anak, harus ada proses revolusi hati,pikiran, dan tindakan
dari seluruh elemen pendidikan, terutama guru. Guru adalah garda depan dalam
mewujudkan suasana belajar menyenangkan di sekolah. Menarik dan tidaknya sebuah
proses pembelajaran tidak semata bertumpu pada lembaran buku teks pelajaran,
tetapi pada sosok guru yang mampu menyampaikan materi dengan menarik dan
kreatif.
Sayangnya , realitas di lapangan
menunjukan proses pembelajaran di sekolah masih terkesan satu arah. Pihak
sekolah masih menempatkan sosok guru sebagai sosok utama dan paling berkuasa
dalam pembelajaran. Kondisi tersebut membuat siswa tidak berkembang. Siswa
minim kreativitas karena tidak ada hubungan timbal balik(feedback) . Oleh karena itu,
dibutuhkan revolusi hati, pikiran, dan tindakan untuk mewujudkan sosok guru
tangguh, inspiratif, dan kreatif.
Dalam kutipan tajuk rencana tersebut,
penulis berpihak kepada...
a.
Siswa
b.
Sekolah
c.
Guru
d.
Kepala sekolah
e.
Elemen pendidikan
Bacalah
kutipan tajuk rencana berikut!
Salah satu keluhan wajib pajak adalah terbatasnya bank dan loket yang
melayani pembayaran PBB. Pemerintah Daerah menginginkan pembayaran dilakukan di
bank pembangunan daerah (BPD) agar BPD dapat menghimpun dana untuk memperkuat
likuiditas.
Meski demikian, keinginan tersebut jangan sampai mengalahkan layanan
kepada wajib pajak. Pemerintah daerah wajib meningkatkan kualitas layanan.
Pelayanan yang tidak memuaskan akan menjadi alasan wajib pajak menunda atau
tidak memenuhi kewajibannya.
11. Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan
tajuk rencana tersebut adalah ...
a. para wajib pajak
b. pemerintah daerah
c. Bank Pembangunan Daerah
d. pembayaran PBB
e. pihak ketiga
Perhatikan
paragraf berikut!
Sistem bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apapun. Selain
itu, sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Penggunaan pupuk
juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil bertanam sistem
hidroponik tidak kalah dengan sistem penanaman langsung di tanah. Biaya awal
pembuatan mesin hidroponik yang agak mahal dapat disiasati dengan penggunaan
bahan-bahan bekas di sekitar kita. Sistem bertanam hidroponik mempunyai
kelebihan dan kekurangan.
12. Kalimat utama yang terdapat dalam paragraf
tersebut adalah...
a. Sistem
bertanam hidroponik mempunyai kelebihan dan kekurangan
b. Penggunaan
pupuk sistem hidroponik tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar
c. Biaya awal
pembuatan sistem hidroponik termasuk mahal
d. Sistem
bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apapun
e. Sistem
hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak
13. Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
Taman Laut Alor adalah satu dari empat taman bawah laut yang ada di
Indonesia. Lokasi taman laut tersebut membentang ribuan hektar. Lautnya bersih
dan warna terumbu karangnya masih utuh. Beragam ikan langka ditemukan disini.
Informasi tersirat dari paragraf tersebut
adalah...
a. Tiga taman
lain di Indonesia, yakni Taman Laut Bunaken, Raja Ampat, dan Pulau Komodo juga
mempunyai terumbu karang yang indah.
b. Lokasi
keempat taman laut tersebut membentang ribuan hektar di sepanjang pantai
sumatera yang indah.
c. Sebagian air
lautnya bersih dan warna terumbu karangnya masih utuh sehingga terlihat indah.
d. Beragam ikan
langka seperti arwana dan oskar ditemukan di Bunaken, taman laut yang indah
ini.
e. Ada empat
taman laut di Indonesia bagian barat dan atau Indonesia bagian timur yang masih
alami.
14. Bacalah
dengan cermat paragraf berikut!
(1) Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air
Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK
gelas yang tidak layak minum. (2) Selain itu, ada yang layak minum, tetapi
dengan catatan harus dicermati lagi proses produksinya. (3) Jika tidak, ia bisa
menjadi tak layak minum. (4) Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh
ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan di temukannya nomor
registrasi yang berbeda-beda dalam satu dus. (5) Bahkan, ada AMDK yang
kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK
tersebut masih satu tahun lebih.
Pernyataan yang sesuai dengan isi
paragraf adalah...
a.
Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi
asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.
b.
Konsumen harus berhati-hati dengan AMDK gelas
karena banyak AMDK gelas yang tidak layak minum.
c.
Kandungan koloni pada AMDK gelas tidak akan
berubah sejak dari pabrik hingga konsumen
d.
YLKI hanya bertugas meneliti AMDK gelas dan
tidak perlu meneliti AMDK botol atau galon
e.
Kandungan plastik pada kemasan tidak akan
mencemari air minum mesti diletakkan di tempat yang tidak layak.
Bacalah
dua kutipan teks berikut ini!
Teks
I
Mata pelajaran bahasa daerah akan tetap ada di kurikulum 2013 sebagai
muatan lokal. Selain bahasa daerah, muatan lokal yang bisa diisi materi
kearifan lokal sesuai kebutuhan daerah atau sekolah masing-masing. Mendikbud
menjelaskan hal itu, Kamis(3/1) di Jakarta.
Teks
II
Mendikbud menjelaskan bahwa dalam kurikulum baru terdapat pelajaran
seni, budaya, dan prakarya. Sekolah dapat memanfaatkan pelajaran seni, budaya,
dan prakarya untuk mengajarkan bahasa daerah.
15. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut
adalah...
Teks I
|
Teks II
|
|
a.
|
diawali unsur berita apa
|
diawali unsur berita siapa
|
b.
|
diawali unsur berita siapa
|
diawali unsur berita apa
|
c.
|
diawali unsur berita di mana
|
diawali unsur berita siapa
|
d.
|
diawali unsur berita kapan
|
diawali unsur berita dimana
|
e.
|
diawali unsur berita bagaimana
|
diawali unsur berita kapan
|
16. Bacalah
dua teks berita berikut!
Teks Berita I
Seorang pria paruh baya berusia sekitar 40-50 tahun terserempet Kereta Commuter line di Stasiun Citayam. Pria
yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor
ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan
dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, Menuturkan kejadian itu terjadi
pukul 08.20 WIB. Kejadian nerawal saat pria tersebut hendak menuju peron arah
Bogor.
Teks
Berita II
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter
line Bogor-Jakarta menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria
paruh baya berusia 40-50 tahun tersebut nekat menyebrangi rel meski kereta
sudah dekat. Seorang saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian
ada sebuah KRL akan berhenti di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, ada orang
masih menyeberang rel menuju peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak
KRL.
Persamaan isi kedua teks berita tersebut
adalah...
a.
Kondisi pria paruh baya yang terserempet
kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki
b.
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor-Jakarta menyerempet
seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam
c.
Menurut petugas stasiun, kejadian yang
menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB
d.
Pria paruh baya yang terserempet KRL itu
nekat menyeberang rel meskipun kereta sudah dekat
e.
Seorang korban yang terserempet kereta api
tapi masih bisa selamat
17. Bacalah kedua teks berikut ini!
Bacaan I
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang
tanpa kita sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.
Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola
keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat
menjamin tubuh kita tetap sehat dan
terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu
mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami
kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru,
jantung, dan mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan cara
olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal,
dan menjalani pola hidup sehat.
Bacaan II
Mengonsumsi pola makan sehat dan seimbang
merupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat
gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrsisi setiap individu. Zat
gizi tersebut diantaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula , lemak, protein,
vitamin, mineral, dan serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat
bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, diantaranya menjaga kondisi tubuh
tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan
seimbang dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak
sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan
ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua bacaan tersebut adalah...
Bacaan I
|
Bacaan II
|
|
a.
|
bahasa baku
|
bahasa sehari-hari
|
b.
|
bahasa baku
|
bahasa tidak baku
|
c.
|
bahasa resmi
|
bahasa santai
|
d.
|
bahasa sehari-hari
|
bahasa ilmiah
|
e.
|
bahasa ilmiah
|
bahasa santai
|
18. Perhatikan
puisi berikut ini!
Solitude
(Sutardji Calzum Bachri)
Yang paling mawar
Yang paling duri
Yang paling sayap
Yang paling bumi
Yang paling pisau
Yang paling risau
Yang paling nancap
Yang paling dekap
Samping Yang paling Kau!
Berdasarkan puisi kontemporer diatas,
ciri-ciri yang paling dominan adalah...
a. ukiran
bentuk/tipografi
b. unsur parodi
c. pengulangan
bunyi
d. paralelisme
dan hiperbola
e. diksi
campuran
19. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Dampu Awang jadi gelisah sendiri. Tetapi ia segera memutuskan untuk
tidak bercerita tentang orang tuanya yang ada di desa. Tetapi ia segera ingat
dengan dosa. Apa yang akan dilaksanakan termasuk dosa besar? Tuhan akan
benar-benar marah kepada orang yang berani kepada orang tuanya. Walau itu hanya
didalam hati. Karena Dampu Awang tidak ingin kehilangan istrinya yang cantik
jelita dan lemah lembutnya tiada tandinganya di dunia ini, maka ia tetap
bersikeras untuk tidak mengatakan pada istrinya bahwa dirinya masih mempunyai
seorang emak yang sudah tua dan sering sakit-sakitan.
Konflik kutipan cerpen tersebut adalah...
a. meninggalkan
istri untuk berlayar
b. tidak
menceritakan orang tua yang ada di desa
c. mencari emak
yang sudah tua dan sakit-sakitan
d. istri yang
tidak mau mengenal orang tua suaminya
e. Tuhan yang
marah kepada orang yang berani kepada orang tuanya
20. Perhatikan paragraf berikut ini!
Novel “Sabtu Bersama Bapak” yang ditulis oleh Adithya
Mulya menceritakan sebuah keluarga. Pak Gunawan dan Bu Itje memiliki dua anak
laki-laki, Satya dan Cakra. Kisah bermula ketika Pak Gunawan terkena penyakit
kanker dan hanya mempunyai waktu satu tahun lagi berkumpul bersama dengan
keluarganya.
Di tengah perjuangannya melawan kanker, Pak Gunawan
menyempatkan membuat video untuk ditonton kedua anaknya. Video-video tersebut
berisi nasihat dan bekal kehidupan untuk kedua anaknya. Setelah Pak Gunawan
meninggal kedua anaknya mempunyai kebiasaan menonton video tersebut di hari
Sabtu. Novel ini penuh dengan pesan pendidikan, terutama pendidikan orang tua kepada
anaknya.
Kalimat
resensi yang mengungkapkan kelebihan novel sesuai paragraf tersebut adalah ...
a.
Adithya Mulya dalam novelnya menyajikan
peristiwa-peristiwa yang tidak menggugah perasaan pembaca, terutama saat
penulis melontarkan lelucon
b.
Novel Sabtu Bersama Bapak ini penuh dengan
pesan pendidikan sehingga dapat menjadi bacaan bagi para orang tua dan calon
orang tua
c.
Novel Sabtu Bersama Bapak karya Adithya Mulya
menggambarkan anak remaja saat ini yang jauh dari pendidikan orang tuanya
d.
Certia-cerita dalam novel Sabtu Bersama Bapak
ini sangat menggugah perasaan pembaca, sehingga tidak mengherankan jika novel
ini meraih best seller
e.
Novel Sabtu Bersama Bapak yang ditulis
Adithya Mulya ini lebih cocok dikategorikan ke dalam sebuah cerita biografi
karena menceritakan kisah kehidupan seseorang hingga meninggal dunia
21. Perhatikan kutipan berikut ini!
Rumahku
Rumahku dari
unggun-unggun sajak
Kaca jernih
dari segala nampak
Kulari dari
gedung lebar halaman
Aku tersesat
tak dapat jalan
Kemah
kudirikan ketika senjakala
Di pagi
terbang entah kemana
Rumahku dari
unggun-unggun sajak
Di sini aku
berbini dan beranak
Rasanya lama
lagi, tapi datangnya datang
Aku tidak
lagi meraih petang
Biar
berleleran kata manis madu
Jika menagih yang
satu
Kalimat kritik positif yang sesuai dengan kutipan puisi
tersebut adalah ...
a.
Pilihan kata dalam kutipan puisi “Rumahku”
terkesan datar karena syairnya sederhana.
b.
Kata-kata dalam puisi tersebut hanya
diulang-ulang yang menandakan penyair tidak kreatif dalam bermain kata-kata.
c.
Pembaca sulit untuk menafsirkan makna puisi
karena penuh dengan kata kiasan.
d.
Puisi “Rumahku” tidak menarik karena lariknya
terkesan bercerita secara langsung.
e. Kutipan puisi
tersebut mengandung repetisi. Repetisi tersebut bukan merupakan kelemahan,
melainkan memperkuat arti dan membuat pikiran terkonsentrasi untuk merenung
yang dapat menimbulkan daya pesona.
22. Perhatikan dua kutipan novel berikut ini!
Novel I
Siapa bapakku, demikian pula di mana aku diperanakkan
oleh bundaku, tiada kukeahui dengan benar, tetapi antara ada dengan tiada,
masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu
menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu
bapakku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada
tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya , riang
rasa tengkukku meracak bumi.
(Suman.
H.S, Percobaan Setia)
Novel II
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di
laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan
tiang-tiang tegak, berpadu ombak membelah ombak, angin berharum garam membawa
semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju, menuju
cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung,
gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau
sekecil itu.
(Nukila
Amal, Cala Ibi)
Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah
. . .
Novel l
|
Novel ll
|
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
menggunakan bahasa lugas
menggunakan majas
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa resmi
menggunakan ungkapan
|
menggunakan ungkapan
menggunakan bahasa sehari-hari
menggunakan majas
menggunakan bahasa populer
menggunakan bahasa melayu
|
23. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Ayah datang kepadaku! Aku berlari ke ruamg
tamu. Kulihat ayah sedang mengamat-amati foto Hamzah yang dipegang oleh istriku
di lemari pajangan. Farida dan Farah sedang membuka-buka album foto
pernikahanku. Kunyalakan lampu ruang tamu. Tiba-tiba aku merasa bau ruang
tamuku begitu sengit. Padahal, sebelumnya tidak pernah tercium olehku bau yang
sesengit ini. Mungkin karena aku gentar bertemu dengan ayah. Ayah orang yang
sangat rapi. Ia akan ribut jika rumah kami berantakan, apalagi ruang tamu.
Menurutnya, tamu harus diperlakukan sebaik-baiknya.
“Maaf,
Yah! Keadaannya berantakan. Si Hamzah ngompol setiap saat dan aku lupa tidak
menjemur sofa yang kena ompol,” kataku. Ayah terus saja menatap foto-foto
cucunya.
“Jangan cucuku disalah-salahkan,” katanya
Watak tokoh “Ayah atau kakek” pada kutipan cerpen
tersebut yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah ...
a.
memiliki seorang anak yang malas menjaga
kebersihan dan kerapihan
b.
orang tua sering menyalahkan anaknya
c.
rasa sayang kakek kepada cucu mengalahkan
segala-galanya
d.
seorang ayah yang tidak peduli pada
kebersihan dan kerapihan
e.
kakek sangat menyayangi cucu-cucu menantunya
24. Bacalah kutipan novel berikut ini!
1) Aku terus
mengekori Ayah berjalan ke arah lain dan melakukan hal yang sama dengan tiga
laki-laki lagi. 2) bersalaman lama, di bawah sarung, saling menatap. 3) Pada
orang terakhir Ayah menyodorkan sebungkus uang , dan gantinya Ayah menarik
seekor sapi gemuk keluar lapangan. 4) Sapi selalu dinaikkan ke otoprah, dikirim
langsung ke kampung kami di Maninjau. 5) Amanat dari jamaah surau kami untuk
membeli seekor sapi untuk kurban Idul Adha minggu depan telah ditunaikan Ayah.
(Negeri 5 Menara, A. Fuadi)
Kalimat
yang menyatakan bahwa latar tempat yang terjadi pada peristiwa tersebut berada di pasar ternak adalah ...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
25. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Jangan ditanya rantau jauh saya.
Tapi, pandanglah saya dari kecintaan pada orang dan kampung ini. Walau cuma
bisa kasih kurma, itu indah sekali ...,” begitu kilahnya, seraya berkata lagi
sambil menunjuk dadanya, ”semua tergantung disini. Rantau yang jauh tiada
taranya, di dalam dada. Begitu pula sebaliknya, di dada. Rasakan makna niatnya
...”
Biasanya, kami mengangguk-angguk. Ia tersenyum. Dan,
entah siapa yang memberinya gelar, kami akrab memanggil Pak Ayub sebagai Tuan
Kurma yang bijaksana. Ukuran bijaksana ini pun kami tak tahu pasti. Yang jelas
enak, menyebutnya , dan terasa patut, dan mungkin, ia tepat sekali. Kadang ada
yang patut, tap tak mungkin. Ada yang mungkin, tapi tak patut.
Nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
a.
Seseorang yang memberikan kurma kepada warga
kampung agar mendapatkan pujian
b.
Seseorang ysng berbagi kurma kepada warga
kampung disertai niat dan rasa ikhlas dari hatinya
c.
Seseorang yang selalu mengharapkan pemberian
kurma dari orang lain setiap tahunnya
d.
Seseorang yang memberikan gelar kepada
oranglain karena kebaikannya selama ini
e.
Seseorang yang merantau jauh dan pulang
membawa beragam oleh-oleh, diantaranya kurm
26. Perhatikan kutipan hikayat
berikut!
Tersebut pula
perkataan seorang dewata, artinya semangat negeri itu, merupakan diri seperti
manusia. Ia mengemukakan empat teka-teki yang mesti dijawab: kalau tidak, ia
akan memutuskan batang leher raja dan menghumbankannya dari atas kerajaan. Raja
ketakutan dan menyuruh memanggil Mahasyodhak kembali ke istana. Dengan mudah
saja, Mahasyodhak menjawab teka-teki itu. Dewata itu berkata kepada raja:
“Hai raja, hendaklah
jangan kau dengarkan fitnah dan hendaklah kau periksa baik-baik suatu pekerjaan
dan pelihara isi negeri ini, supaya jangan berdosa engkau pada hari kemudian.
Karena dunia ini tiada kekal adanya ...”
Nilai dalam kutipan
hikayat tersebut yang sesuai dengan kehidupan saat ini adalah ...
a. seorang raja hendaknya melindungi rakyat dari perbuatan tidak baik
b. perintah
seorang raja hendaknya segera dilaksanakan
c. teka-teki
yang diberikan oleh dewata hendaknya segera dijawab oleh seorang pemimpin
d. seorang
pemimpin harus bersikap jujur karena kehidupan di dunia hanya sementara
e. seorang
pemimpin hendaknya tidak mendengarkan fitnah dan bekerja sebaik mungkin
27. Perhatikan kutipan resensi berikut ini!
Aspek menarik perlu dicatat adalah
kesadaran Raditya terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari
penjajahan sumber adaptasi. (...) Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika
mempreteli cerita sampai pada tataran karakteristiknya. Grup detektif Tiga
Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada
kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi
satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi ulasan resensi yang rumpang tersebut adalah...
a. Dika ingin
semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga
babak utuh
b. Dika
memisahkan bebrapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan
dalam pembuatan film
c. Semua unsur
canda dalam buku Karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot
cerita tiga babak utuh
d. Dika
merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan dalam film agar keutuhan
plot terjaga
e. Semua
komedian, termasuk Dika menyadari bahwa mengulang-ulang guyonan tidak akan
membuatnya bertambah lucu
28. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut ini!
(1)
Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang
Singapura dan Kalimantan Barat.
(2)
Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga.
(3)
Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat di
Kalimantan Barat.
(4)
Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal
sebagai kayu jati Singapura.
Susunan
paragraf yang baik dari kalimat-kalimat diatas adalah...
a. 2-3-1-4
b. 1-2-4-3
c. 3-2-1-4
d. 1-2-3-4
e. 1-3-4-2
29. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Buah merah merupakan tanaman khas Provinsi Papua yang berasal dari suku
pandan-pandanan. Dalam kehidupan sehari-hari buah merah dimanfaatkan sebagai
sumber makanan. Masyarakat pedalaman Provinsi Papua mengonsumsi buah merah yang
dimasak bersama keladi dan umbi jalar. Sebelum dimasak, buah merah dibelah dan
dibuang bagian dalamnya. (...) buah merah lalu dimasak dalam bentuk potongan
besar atau kecil-kecil. Setelah matang, buah merah langsung dimakan tanpa bahan
pendamping.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf eksposisi tersebut adalah...
a.
Setelah buah merah direndam dalam air
b.
Setelah buah merah diperas untuk diambil
airnya
c.
Kemudian, buah merah ditumbuk atau diblender
d.
Kemudian buah merah dijemur hingga kering
e.
Selanjutnya buah tersebut dicuci hingga
bersih
30. Cermati paragraf deskripsi berikut ini!
Di pingir jalan banyak orang berjualan
kue dan minuman. Harga kue dan minuman sangat terjangkau. Sayang, banyak lalat
karena tidak jauh dari tempat itu tumpukan sampah. Dari tumpukan sampah itu
lalat terbang, lalu hinggap di kue dan minuman. Orang-orang yang makan tidak
merasa terganggu oleh lalat itu. ... .
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah...
a. Mereka tidak
terganggu dengan tumpukan sampah yang mulai menggunung
b. Mereka tetap
menikmati makanan dan minuman sambil beristirahat
c. Banyak
pembeli yang tidak suka dengan kehadiran lalat tersebut
d. Lalat-lalat
itu memang suka hinggap di tumpukan sampah
e. Orang-orang
suka jajan di tempat itu karena murah
31. Perhatikan paragraf berikut ini!
Buku Matematika Aplikasi yang
Diperuntukkan untuk SMA dan MA Kelas XII Program Studi Alam ini digunakan
sebagai sumber pengetahuan agar siswa dapat mendalami pelajaran Matematika
secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep Anwar H.F.S., di mana
di dalam buku ini siswa dapat belajar secara aktivitas di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini
tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa lugas dan
ilustrasi menarik. (...) Selain itu, buku ini didukung dengan tampilan tata
letak yang baik, desain, dan ilustrasi menarik dengan memperhatikan tingkat
pemahaman siswa.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi resensi buku tersebut adalah...
a.
Gambar yang disajikan pada buku ini tidak
berwarna sehingga biasa saja dapat menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam
mengkaji buku tersebut
b.
Kualitas kertas yang digunakan untuk mencetak
buku ini kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek
c.
Buku ini berbalur ungkapan santun dan bahasa
yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa
d.
Info mathe
digunakan sebagai informasi untuk membuka wawasan informasi matematika dan
perkembangan teknologi
e.
Glosarium disajikan untuk memahami
istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
32. Bacalah
paragraf berikut!
Raja itu memerintah dengan ... Perilaku kejam itu menurun kepada para
... raja tersebut. Setiap mereka menagih pajak, tidak pernah kembali dengan ...
karena mereka selalu menagih dengan memaksa.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ...
a.
besar kepala, pembantu-pembantunya, tangan
kosong.
b.
tangan besi, tangan kanan, tangan hampa.
c.
manis mulut, bawahan mereka, tangan kosong.
d.
keras kepala, kaki tangan, tangan besi.
e.
tangan besi, bawahan mereka, keras kepala.
33. Perhatikan
ilustrasi berikut ini!
Dahulu Pak Idris menjadi orang paling sukses di kampungnya. Usahanya
dalam bidang ekspor kain berhasil hingga memiliki beberapa cabang. Namun
setelah terjadi krisis moneter usaha yang dirintisnya selama bertahun-tahun
mengalami kebangkrutan. Semua asetnya di beberapa tempat habis terjual untuk
melunasi hutangnya. Kini Pak Idris harus hidup merangkak lagi dari nol.
Peribahasa yang tepat dari ilustrasi
tersebut adalah...
a. air beriak
tanda tak dalam
b. air besar
batu bersibak
c. air ada
pasang ada surut
d. air jernih
ikannya jinak
e. air orang
disauk, ranting orang dipatah
34. Cermatilah
kutipan puisi berikut dengan saksama!
Andai esok tak ada lagi mentari
Arah langkah terhenti seketika
Langit berubah warna kelabu
...
Bunga-bunga mendadak layu
Kalimat bermajas yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang puisi tersebut adalah ...
a.
Gerimis pun mulai reda lagi
b.
Udara dingin sekali
c.
Angin dan embun pagi berhenti menyapa
d.
Tanpa lentera akan gelap sekali
e.
Pembawa berita bercerita
35. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Budaya nabung penting dimulai
sejak dini. Budaya nabung dapat mendidik anak untuk mengendalikan diri dalam
bersifat konsumtiv. Dengan nabung
anak belajar membelanjakan uangnya secara bijak. Kegemaran nabung memang besar
manfaatnya sebagai bekal untuk masa
depan. Selain itu, budaya nabung dapat dijadikan sebgai bagian dari gaya hidup
di kalangan pelajaran dan dan melatih mereka dalam mengkelola keuangan.
Perbaikan kata yang tercetak miring
adalah...
a. menabung,
konsumtife, kelola
b. menabung,
konsumtive, pengelola
c. menabung,
konsumtif, mengelola
d. menabung,
konsumtip, pengelolaan
e. menabung,
konsumtive, mengelolakan
(1) Bakat tidak selamanya dapat membawa
aktivitas tulis-menulis menjadi mudah dan lancar. (2) Berulang kali para pakar
mengatakan bahwa menulis merupakan pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan
semenjak duduk di bangku sekolah dasar. (3) Sering kali ketika kita hendak
menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, sesuatu yang bernama “bakat” selalu
menjadi semacam “kambing hitam” . (4) Menulis membuat orang sering berkhayal.
(5) Dengan demikian, aktivitas menulis seringkali sekedar dikaitkan dengan bakat
seseorang.
Kalimat yang
tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
37. Perhatikan kalimat berikut ini!
Kita tidak... beratnya sanksi bagi
pelanggar... lalu lintas karena hal itu... bukan merupakan sumber masalah.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah...
a.
dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya
b.
mempersoal, pengaturan, kebenarannya
c.
mempersoal, peraturan, dibenarkannya
d.
mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
e.
dipersoalkan, peraturan, sebenar-benarnya
38. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
menerima usulan untuk menutup infestasi asing di bidang usaha produk elektron
berbasis Tehnologi sederhana, seperti kipas angin. Selain kipas angin, produk
lain berbasis teknologi sederhana, di antaranya, setrika listrik, rice cooker,
blender, dan lemari satu pintu.
Penulisan ejaan pada paragraf tersebut
tidak tepat karena...
a. Penulisan
kata infestasi seharusnya ipestasi. Dan elektron seharusnya elektronik dan kata
tehnologi seharusnya teknologi
b. Penulisan
kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronic, dan
kata tehnologi seharusnya teknologi.
c. Penulisan
kata infestasi seharusnya ipestasi, kata elektron seharusnya elektroda, dan
kata tehnologi seharusnya teknologi
d. Penulisan
kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronik, kata
tehnologi seharusnya teknologi
e. Penulisan
kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronik, dan
kata tehnologi seharusnya tekhnologi
39. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Dalam buku ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu
sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ayu alias cuma sok tahu.
Perbaikan yang tepat terhadap struktur
yang salah pada kalimat tersebut adalah...
a. Dalam buku
ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi Ayu itu cuma sok tahu
b. Buku ini
ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu
betul soal diri Ayu alias cuma sok tahu
c. Buku ini
ingin mengatakan tentang orang-orang yang dihakimi itu, bahwa sesungguhnya diri
Ayu itu cuma sok tahu
d. Buku ini
ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi diri Ayu itu cuma sok tahu
e. Buku ini
dikatakan oleh orang-orang yang menghakimi Ayu itu sebagai orang yang cuma sok tahu
40. Judul karya
tulis: menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Penulisan
judul makalah yang tepat adalah...
a.
Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan
Kepercayaan diri
b.
Menggali potensi diri untuk meningkatkan
kepercayaan diri
c.
Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan
kepercayaan diri
d.
Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri
e.
Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan
Kepercayaan diri
II. Soal Essay
Jawablah
soal-soal berikut ini!
1.
Buatlah sebuah teks berita dengan tema
“Bencana Alam” yang disesuaikan dengan
rumusan 5W+1H !
2.
Perbaikilah penulisan alamat yang dituju
sesuai dengan EYD !
kepada
yth. : Bapak kepala direktur pt. angin tornado
jln. Arimbi nomor 37
bandung.
3.
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama
!
Sang mentari pun terbit dari timur, serta
burung-burung sudah beterbangan kesana kemari seakan-akan ikut gembira.
Meskipun begitu, Salman tampak murung. Harapannya hancur karena tidak dapat
mempertahankan rangking satu.
Saat proses pembelajaran akan dimulai,
tanpa disangka-sangka Dewa, sahabatnya, datang bersama Anjas. Maka Salman pun
geram karena si anak baru itu telah mengambil semua miliknya selama ini, mulai
dari bintang kelas hingga sahabat karib. Salman tidak kuat menahankan
kesabaran, ia pun tanpa berpikir panjang memukul meja dengan kuat.
Tunjukkan unsur-unsur
instrinsik !
4.
Bacalah kalimat kompleks dibawah ini,
kemudian carilah inti kalimatnya!
Seorang wanita paruh baya berusia 30-40
tahun akan mengikuti seminar rias pengantin adat Jawa di Balai Desa Debong
Tengah, Kecamatan Dukuhturi, pada tanggal 25 Februari 2018.
5.
Buatlah sebuah puisi berdasarkan ilustrasi
berikut!
Sekalipun miskin, Sandat selalu menanamkan
kepercayaan diri yang besar pada Cenana, anak semata wayangnya. “Hidup selalu
berubah. Kau boleh punya banyak impian. Kita tahu bahwa kita masih hidup, masih
beruntung. Tapi jangan pernah memaksakan semua impianmu jadi kenyataan.
Kejarlah yang kira-kira bisa kau capai saja. Ah, kau makin besar, sehat, dan
cantik.”
SILAHKAN DOWNLOAD SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA DI SINI
0 Response to "SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA"
Post a Comment