SOAL USBN SMA/MA MATEMATIKA IPA KTSP

Warta Madrasah - sahabat warta madrasah berikut kami sajikan contoh SOAL USBN SMA/MA MATEMATIKA IPA KTSP. soal selengkapnya ada pada versi MS. Word. semoga bisa menjadi referensi Belajar dan Suskes USBN 
1.      Diketahui,  dan , maka nilai dari  adalah ….
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
2.      Bentuksederhanadari adalah ….
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
3.      Nilai x yang memenuhi  adalah ...
A.    16
B.     18
C.     32
D.    64
E.     128
4.      Persamaan kuadrat ax2+ 2x + a2 – 2 = 0 dan a > 0. Mempunyai akar-akar x1 dan x2.Jika Nilai x1 . x2 = 1 maka nilai x12. x2 + x2.x22 adalah adalah ... .
A.    5
B.     4
C.     2
D.    1
E.     -1
5.      Jika diketahui f(x) = 2x – 5 dan (g o f)(x) = 4x–7, maka g(x) = ......
A.    2x – 1                                                      
B.     2x + 3                                                      
C.     4x – 2
D.    8x – 19
E.     2x + 3
6.      Diketahui fungsi f(x) =  dan g(x) = x – 3. Jika f-1 menyatakan invers dari f, maka
(f o g)
-1(x) = ...
A.    ; x ¹ 5
B.     ; x ¹-5
C.     ; x ¹-5
D.    ; x ¹-1
E.     ; x ¹ 1

7.      Garis 2x + y – 2 = 0 menyinggung kurva y = x2 + px + 3 dengan p < 0. Nilai p yang memenuhi adalah ... .
A.    -4
B.     -2
C.     1
D.    2
E.     3
8.      Gambar di sampingadalahsketsagrafikfungsikuadrat
Nilai  a + b + c  =  … .
  1. 23
  2. 17
  3. 13
  4. 7
  5. 3


9.      Jikax1 dan x2 adalah akar-akarpersamaan
x2 + 2x – 5 = 0. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 2x1 – 3 dan 2x2 – 3 adalah ...
A.    x2 + 10x + 1 = 0
B.     x2 + 10x - 1 = 0
C.     x2 – 10x – 1 = 0
D.    x2 – 2x + 23 = 0
E.     x2 + 2x - 23 = 0

10.  Budi, Dedi, dan Tedi pergi ke toko Gramedia. Budi membeli tiga pensil dan dua penghapus, ia membeyar Rp7.750,00. Dedi membeli empat pensil dan satu pengahapus, ia membayar Rp8.250,00.Tedi hanya memiliki uang Rp10.000,00 dan Tedi membeli satu pensil dan satu penghapus. Sisa uang Tedi setelah untuk membayar belanjaannya adalah ... .
A.    Rp6.000,00
B.     Rp6.500,00
C.     Rp7.000,00
D.    Rp7.500,00
E.     Rp8.000,00

11.  Untuk membuat sebuah donat diperlukan 5 gram tepung dan 3 gram gula pasir. Sedangkanuntukmembuat roti diperlukan 6 gram tepungdan 2 gram gulapasir. Persediaantepungdangulapasir yang dimilikiIbuRahmatberturut-turutadalah 7 kg dan 3 kg. JikakeuntungantiapdonatRp 500,00 dantiap roti Rp 400,00, makakeuntunganmaksimum yang diperolehIbuRahmatadalah ...
A.    Rp 350.000,00
B.     Rp 450.000,00
C.     Rp 550.000,00
D.    Rp 650.000,00
E.     Rp 750.000,0

12.  Diberikanpersamaan
           
            Nilai a + 4c = ...
A.    2
B.     3
C.     5
D.    11
E.     13
13.  Diketahuipersamaanmatriks A = , dengan matriks A berordo 2x2. Determinan matriks A adalah ….
A.   
B.    
C.    
D.   
E.     4
14.  Diketahuipersamaanmatriks A = , dengan matriks A berordo 2x2. Determinan matriks A adalah ….
A.   
B.    
C.    
D.   
E.     4

15.  Sebuah bola pingpongdijatuhkandariketinggian dan memantul kembali dengan ketinggian  kali tinggi sebelumnya. Pemantulan ini berlangsung terus menerus hingga bola berhenti. Jumlahseluruhlintasan bola adalah ….
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    

16.  Diketahui cos a =  dan sin b =  (a dan b lancip). Nilai cos (a + b) = ... .
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    

17.  Diketahuidengan, dan sisi . Panjang  adalah ….
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    

18.  Persamaangrafikfungsitrigonometriberikutadalah… .
 









A.   
B.    
C.    
D.   
E.    

19.  Kubus ABCD.EFGH dengan rusuk 6 cm. P terletak pada perpanjangan DC sehingga CP = DC. Jarak titik P ke garis AH adalah ...
A.    3 cm
B.     5 cm
C.     6 cm
D.    6 cm
E.     9 cm

20.  Kubus ABCD.EFGH dengan rusuk 4 cm. Titik P merupakan titik potong diagonal BG dengan CF. Jika a adalah sudut antara AP dengan ABCD, maka cos a = ....
A. 
B.  
C.  
D. 
E.  
21.  Diketahui garis g dengan persamaan x = 3, memotong lingkaran x2 + y2 – 6x + 4y + 4 = 0. Persamaan garis singgung yang melalui titik potong tersebut adalah ...
A.    x = -5 dan y = - 5
B.     y = -5 dan x = 1
C.     x = -5 dan x = 1
D.    y = -5 dan y = 1
E.     y = -1 dan y = 5
22.  Nilai dari = ...
A.    0
B.    
C.    
D.   
E.    
23.  Nilai dari = ... .
A.    -4
B.     -2
C.     1
D.    2
E.     4

24.  Turunan pertama dari fungsi  f (x) = 2x3 + 3x2 – x + 2adalah  f ’(x).  Jika  f ’(k) =  11  maka  nilai  (k +1)  yang mungkin adalah ... .
A.    3
B.     2
C.     1
D.    0
E.     1
25.  Biaya total untuk memproduksi x unit barang per hari ditunjukkan oleh x2 + 60x + 15, sedangkan harga jual tiap unit barang adalah 140 – x. Biaya total maupun penjualan dinyatakan dalam ribuan rupiah. Agar diperoleh keuntungan maksimum, banyaknya barang yang harus diproduksi per hari adalah .....
A.    48 unit
B.     50 unit
C.     54 unit
D.    69 unit
E.     80 unit
26.  Hasil dari dx = ...
A.    2 sin 2x + x + C
B.     sin 2x + x + C
C.     sin 2x – x  + C
D.    -2 sin 2x + x + C
E.     -cos 2x + x + C
27.  Hasildadx = ...
A.    + C
B.     + C
C.     + C
D.    + C
E.     + C


28.  Perhatikangambarberikut!
Jikadaerah yang diarsirdiputarmengelilingisumbu-X sejauh 360°, maka volume bendaputar yang terjadiadalah ...
A.    16psatuan volume
B.     psatuan volume
C.     psatuan volume
D.    psatuan volume
E.     psatuan volume

29.  Perhatikangambarberikut !
gambarku
Beratbadansiswapadasuatukelasdisajikandengan histogram sepertipadagambar.Rataanberatbadantersebutadalah … kg.
A.    64,5                                       
B.     65                              
C.     65,5
D.    66
E.     66,5



30.  Nilai standar deviasi dari data nilai ulangan matematika 6, 4, 5, 4, 6, 5 adalah ......
A.    0                                                       
B.                                                         
C.    
D.    2/3
E.     4/5
31.  Terdapat 5 warnacelanadan 4 warnabaju. Aldo inginmengambilduawarnacelanadanduawarnabaju. Banyakpasangandariduawarnacelanadanbajuadalah ...
A.    20
B.     30
C.     40
D.    50
E.     60

32.  Seorang siswa diminta untuk mengerjakan 8 dari 10 soal. Dengan ketentuan soal nomor ganjil wajib dikerjakan. Banyak pemilihan soal yang dapat dilakukan siswa adalah ... .
A.    8
B.     10
C.     28
D.    48
E.     80

33.  Kotak A berisi 5 telurbaikdan 2 telurbusuk. Kotak B berisi 4 telurbaikdan 3 telurbusuk. Dari masing-masingkotakdiambilduatelur. Peluangterambilduatelurbaikdarikota A dansatutelurbusukdarikotak B adalah ...
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    

34.  Garis x + y = 2 dicerminkan terhadap sumbu x, kemudian bayangannya dirotasikan sejauh 90° dengan pusat O. Persamaan bayangan garis tersebut adalah ....
A.    y – 2x = 4
B.     2x + y = 4
C.     y – x = 2
D.    x – y = 2
E.     x + y = 2

35.  Segitiga ABC dengan koordinat titik A(4, -2, 1); B(-3, -2, 1) dan C(3, 4, -2). Titik P terletak pada BC sehingga BP : PC = 1 : 2. Proyeksi vektor  pada vektor adalah ...
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    


Essay.
1.      Jikasalahsatuakarpersamaankuadrat adalah dua kali akar yang lainnya, tentukan nilai k.
2.      Ibu Susi berbelanja 3 saset kopi ABC dan 5 saset kopi KapalApi, iaharusmembayarRp 9.700,00. Dan Ibu Sri berbelanjapadatoko yang sama, iaberbelanja 2 saset kopi ABC dan 7 saset kopi KapalApidanharusmembayarRp 11.050,00. Pak Tomimembeli 2 saset kopi ABC dan 5 saset kopi kapalapi. IamembayardenganuangRp 10.000,00, makaberapasisauang Pak Tomi?
3.      Suku banyak f(x) jika dibagi x + 3 bersisa 5, dan jika dibagi oleh x – 1 bersisa -7. Tentukan sisa pembagian f(x) jika dibagi oleh x2 + 2x – 3.
4.      Tentukanluasdaerah yang dibatasiolehkurva, sumbu Y, dangaris
5.      Dari seperangkat kartu bridge diambil tiga kartu secara acak. Tentukan peluang terambil dua hitam dan satu As merah

SILAHKAN DOWNLOAD SOAL USBN SMA/MA MATEMATIKA IPA DAN KUNCI JAWABANYA DI SINI




0 Response to "SOAL USBN SMA/MA MATEMATIKA IPA KTSP"

Post a Comment