SOAL USBN SMA/MA SOSIOLOGI PAKET 2

Warta Madrasah - sahabat warta madrasah USBN tingkat MA akan diselenggarakan sebentar lagi oleh karena itu untuk menemani sahabat belajar berikut kami sajikan contoh SOAL USBN SMA/MA SOSIOLOGI PAKET 2. Soal selengkapnya dalam format MS. Word di Link Paling Bawah
1.      Banjir merupakan masalah yang sangat meresahkan warga di kota Jakarta. Berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk menanggulanginya tetapi hasil yang didapatkan belum maksimal. Selanjutnya pemerintah berinisiatif untuk mencari solusi yang yaling berkaitan dengan pola kebiasaan masyarakat yang dapat berpengaruh pada terjadinya banjir. Tugas seorang sosiolog dalam ilustrasi diatas adalah....
a.       memecahkan permasalahan banjir yang berlarut-larut
b.      mengetahui teknik penanganan banjir yang tepat
c.       meneliti penyebab banjir dari pola kebiasaan masyarakat
d.      membuat program baru  unjtuk mengatasi banjir di kota
e.       mencari solusi data kebiasaan masyrakat yang kurang baik.

2.      Seseorang sosiolog dalam melakukan penelitian tidak mempermasalahkan parahnya sebuah permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Sosiolog tidak menganggap sebuah permasalahan sosial yang terjadi daalam masyarkat merupakan sesuatu yang buruk, namun berupaya mengkaji masalah sosial tersebut. Sesuai dengan pernyataan tersebut soisolog bersifat....
a.       empiris
b.      teoritis
c.       komulatif
d.      nonetis
e.       etis

3.      Pada masyarakat desa, para pemudanya biasa membungkukkan badan dan memberi salam ketika bertemu dengan orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan, hal demikian terjadi didasarkan pada nilai....
a.       kesopanan
b.      kesusilaan
c.       keindahan
d.      kehormatan
e.       kerohaniaan

4.      Pelaksanaan ritual ruwatan anak, rambut gimbal di Dieng merupakan suatu tradisi yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Dieng. Upacara ruwatan dilakukan unutk menghindarkan malapetaka, sehingga proses ruwatan dianggap sebagai suatu hal yang penting. Ilustrasi tersebut menggambarkan adanya norma masyarakat, yaitu....
a.       usage
b.      folkways
c.       more
d.      custom
e.       law

5.      Ketika menggelar operasi zebra, polisi akan melakukan tilang dan memberikan sanksi  tegas bagi pelanggar lalu lintas. Pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas, seperti memiliki SIM, memakai sabuk pengamanan dan mengenakan helm, nilai fungsi norma yang tampak dan ilustrasi diatas adalah....
a.       pedoman untuk berperilaku baik
b.      melaksanakan fungsi kontrol soial
c.       menjaga keutuhan masarakat
d.      memenuhi kebutuhan masyarakat
e.       menguatkan integrasi sosial
6.      Ketika menyelesaikan masalah permusuhan antara dua orang siswa yang  bertikai, seorang guru menyarankan mereka untuk introspkesi dan mengakui kesalahan-kesalahan masing-masing hingga akhirnya mereka berdamai. Proses akomodasi yang terjadi dalam ilustrasi tersebut adalah....
a.       koersi
b.      kompromi
c.       mediasi
d.      arbitrase
e.       ajudikasi

7.      Maraknya persiangan produk-produk yang beredar di masyarakat mengakibatkan munculnya persaingan bentuk promosi antar produk yang dilakukan pramuniaga agar dapat memikat masyarakat untuk membeli prodik yang ditawarkan interaksi sosial diatas dipengaruhi oleh faktior
a.       imitasi
b.      simpati
c.       identifikasi
d.      empati
e.       sugesti
8.      Oranbg tua merupakan sosok paling utama dalam memberikan pendidikan moral bagi anak-anaknya. Anak akan menirukan segala tindakan orang tua sebagai significant other, sehingga orang tua harus memberikan contoh perilaku sesuai niali-nilai dan norma semenjak anak berada pada masa....
a.       preparatory stage
b.      play stage
c.       game stage
d.      generalized other
e.       significant other

9.      Pak Amran berasal dari keluarga yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Ia bekerja di sebuah lembaga pemerintahan. Rekan-rekan di kantornya terbiasa memanipulasi dana proyek untuk kepentingan pribadi. Awalnya, Pak Amran menolak kegiatan tersebet, namun lama-lama ia terbawa oleh kebiasaan teman-temannya yang sudah dianggap wajar. Perilaku menyimpang yang terjadi pada diri pak Amran disebabkan oleh faktor....
a.       teori labelling
b.      sosisalisasi sub budaya menyimpang
c.       kegagalan menyerap nilai dan norma
d.      peraturan yang tidak tegas dan mengikat
e.       kurangnya pengawasan dari lembaga terkait.

10.  Pelaku perampokan nasabah bank terdiri dari beberpa orang. Satu orang bertugas mengintai nasabah di depan bank, satu lagi bertugas mengikuti nasabah dan dua orang sebagai eksekutor. Ditinjau dari jumlah pelakunya hal ini termasuk pada penyimpangan....
a.       primer
b.      individu
c.       sekunder
d.      sistemasi
e.       kelompok

11. 
Jajaran manajerial
 
Pemilik sekolah
 
Kepala sekolah
 
 






Dalam struktur sosial diatas, kedudukan kepala sekolah dibawah manajer karena....

a.       jumlah manajer lebih banyak dari kepsek dan guru
b.      manajer berpendidikan lebih tinggi dari kepala sekolah
c.       manajer memegang tanggung jawab lebih besar dari kepsek
d.      gaji kepsek lebih sedikit dari pada manajer
e.       kepala sekolah menjalankan kebijakan dari manajer

12.  Perhatikan kelompok sosial berikut:
1.      Kelompok masayarkat bangsawan dalam keraton Yogyakarta.
2.      Golongan Eropa, Timur Asing dan Pribumi saat penjajahan Belanda.
3.      Kelompok pemilik tanah, petani penyewa dan petani penggarap .
4.      Keolmpok dokter, pegawai negeri, pengusaha.
5.      Kelompok suku bangsa Jawa, Batak dan Dayak.
Yang termasuk dalam stratifikasi sosial ditunjukan pada nomor:
a.       1, 2, 3
b.      1, 2, 5
c.       2, 3, 4
d.      2, 3, 3
e.       3, 4 ,5

13.  Fenomena berikut yang merupakan perwujudan mobilitas sosial vertikal integrasi naik adalah....
a.       Susi mampu menghajikan kedua orang tuanya setelah dia sukses menjadi pengusaha
b.      seorang pedagang yang menikahkan anaknya dari kelas sosial yang sama
c.       kakak beradik yang gagal melakukan usaha dan ingin memperbaiki kehidupanya kembali
d.      anak seorang pedagang melanjutkan pendidikan magister hingga ke Australia
e.       Yuni menjadi seorang pedagang sukses berkat dukungan dari kakaknya

14.  Menjelang pilkada, sering terjadi konflik antara para pendukung masing-masing calon. Konflik juga sering terjadi diantara beberapa calon secara tidak langsung. Faktor yang menyebabkan terjadinya konflik tersebut adalah.....
a.       kualitas pribadi calon legislatif yang kuarng baik
b.      rendahnya tingkat pendidikan masing-masing calon
c.       benturan kepentingan politis antar pihak
d.      sengketa pribadi antarpihak yang mencalonkan diri
e.       kesalahapahaman antar calon anggota legislatif

15.  Konflik antar siswa dalam lembaga sekolah kerap diikuti dengan tindakan bullying, hal ini memberikan dampak negatif yaitu....
a.       mental siswa menjadi lebih kuat
b.      meningkatnya semangat bersaing bagi siswa
c.       meningkatnya kemampuan belajar siswa
d.      meningkatkan kepercayaan diri siswa
e.       menimbulkan trauma psikologis yang membekas

16.  Kesejahteraan masyarakat dipengaruhi oleh tingginya partisipasi dan kerukunan antar anggota masyarakat. Keharmonisan tersebut dapat dicapai ketika seluruh warga berperilaku sesuai nilai-nilai yang berlaku dan mengutamakan kepetingan sosial daripada individual. Integrasi yang terjadi dalam kasus tersebut bersifat....
a.       fungsional
b.      interaktif
c.       koersif
d.      normatif
e.       akomodatif

17.  Sikap yang dapat menghambat terjadinya mobilitas sosial yang berasal dari mentalitas masyarakat adalah....
a.       perbedaan pandangan antar individu dalam masyarakat
b.      pandangan masyarakat yang etnosentris
c.       perbedaan kepentingan ekonomi masyarakat
d.      adanya sikap pasrah dan tertutup pada perubahan
e.       sikap optimis dari dalam diri individu

18.  Perhatikan beberapa contoh kelompok berikut.
1.      Sekelompok mahasiswa Makassar di Jakarta
2.      Persatuan buruh Indonesia
3.      Perkumpulan pecinta sepeda tua di Solo
4.      Trah keluarga besar Hadikusumo
5.      Kelompok persahabatan pemuda
Contoh kelompok primer ditunjukan nomor...
a.       1, 2 dan 3
b.      1, 4 dan 5
c.       2, 3 dan 4
d.      2, 4 dan 5
e.       3, 4 dan 5

19.  Keragaman masyarakat Indonesia dari aspek agama, suku, dan budaya menghadapkan masyarakat pada potensi konflik yang besar. Oleh karena itu, seluruh anggota masyarakat harus bisa mengembangkan sikap-sikap postif untuk dapat menciptakan integrasi nasional, yaitu....
a.       mengembangkan toleransi dan menghargai budaya lain
b.      mengupayakan dominasi terhadap masyarakat lain 
c.       mengembangkan primordialisme dalam masyarakat dalam segala aspek
d.      meningkatkan etniosentrisme dalam diri setiap kelompok
e.       menutup diri dari segala hal yang berasal dari budaya lain

20.  Perhatikan beberapa pernyataan berikut
1.      Datangnya bangsa Gujarat dan Arab ke Indonesia berabad-abad silam
2.      Indonesia kaya akan SDM
3.      Wilayah Indonesia yang sangat luas.
4.      Letak Indonesia antara dua benua dan dua samudera.
5.      Indonesia merupakan negara kepulauan.
Faktor pendorong terbentuknya masyarakat multikultural di Indonesia ditunjukan oleh nomor....
a.       1, 2 dan 3
b.      1, 4 dan 5
c.       2, 3 dan 4
d.      2, 4 dan 5
e.       3, 4 dan 5

21.  Berikut ini yang menunjukan karakterisitk masyarakat yang majemuk adalah....
a.       memiliki budaya yang bersifat homogen
b.      konsensus antara masyarakat dibangunh secara koersif
c.       mudah mengalami akulturasi dan asimilasi
d.      hidup dalam kondisi yang relatif stabil
e.       Minimnya konflik dalam masyarakat

22.  Perhatikan gambar berikut.
Oval: Makassar
Pengusaha
Konro
Oval: Medan
Pengacara
Pohul-pohul

Gambar tersebut menunjukan masyarakat yang struktur sosialnya dapat berpotensi menimbulkan....
a.       asimilasi
b.      konsolidasi
c.       interseksi
d.      akulturasi
e.       integrasi

23.  Sekelompok masyarakat yang disatukan berdasarkan pekerjaan, hubungan sosial yang terjalin bersifat sementara, dan didasarkan karena adanya kepentingan-kepoentingan tertentu menggambarkan kesatuan sosial yang terbentuk....
a.       paguyuban
b.      patembayan
c.       perserikatan
d.      perhimpunan
e.       persatuan

24.  Sirra adalah seorang penganut agama Islam, namun dia bersahabat dengan tetangganya yang beragama Protestan. Saat perayaan Idul Fitri tetangganya berkunjung untuk mengucapkan selamat dan bersilaturrahim. Faktor pendorong integrasi sosial dalam ilustrasi tersebut adalah....
a.       adanya toleransi terhadap kelompok lain yang berbeda
b.      pemerintahan yang mengakomodasi perbedaan kelompok
c.       adanya rasa menghormati kebudayaan suku lain
d.      terjadinya perkawinan campuran antar suku
e.       komunikasi yang lancar antara kedua kelompok berbeda

25.  Adanya konflik antara pemerintah dengan kelompok pejuang melahirkan perubahan situasi politik yang diikuti dengan peperangan dan pengeboman tak berujung. Masyarakat yang dulu berdamai kini hidup dalam suasana mencekam. Faktor penyebab perubahan sosial dalam ilustrasi tersebut adalah....
a.       pengaruh dari budaya lain
b.      perubahan lingkungan alam
c.       adanya peperangan
d.      konflik dalam masyarakat
e.       perubahan sistem politik

26.  Bertambahnya jumlah pengguna kendaraan pribadi tanpa adanya penambahan fasilitas jalan raya menimbulkan kemacetan kota besar. Untuk mengatasi kemacetan muncul teknologi kendaraan massal seperti Transjakarta, MRT, serta kereta cepat. Adanya kendaraan massal tersebut kemudian mengubah kebiasaan masyarakat untuk memaki kendaraan umum. Perubahan sosial tersebut dipengaruhi oleh.....
a.       kebudayaan masyarakat lain
b.      perubahan lingkungan alam
c.       dinamika sosial masyarakat
d.      pengaruh dari luar negeri
e.       kemampuan internal masyarakat

27.  Berkembanganya industrialisasi dalam masyarakat diikuti dengan peningkatan persebaran aneka ragam produk pemenuh kebutuhan masyarakat. Dampaj positif dari perubahan tersebut adalah meningkatkan daya beli masyarakat yang mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Namun hal tersebut dapat membawa dampak negatif di mana konsumsi masyarakat menjadi tidak terkendali dan tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga memunculkan perilaku...
a.       anomi
b.      westernisasi
c.       hedonisme
d.      konsumerisme
e.       demoralisasi

28.  Peranan keluarga dalam membentuk kepribadian anak sangatlah besar. Maka, setiap anggota keluarga harus menjalankan setiap hak dan kewajibannya dengan baik sesuai nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Berdasarkan ilustrasi tersebut memberikan gambaran tentang fungsi lembaga, yaitu....
a.       afeksi
b.      ekonomi
c.       sosialisai
d.      proteksi
e.       pengawasan

29.  Salah satu ciri lembaga sosial adalah memilki simbol yang menggambarkan kekhasan lembaga tersebut. Contoh yang menggambarkan ciri tersebut adalah....
a.       partai Islam memiliki bendera yang bernuansa warna hijau
b.      baju putih yang dikenakan mempelai perempuan saat perkawinan
c.       seorang siswa harus memakai seragam saat mengikuti pembelajaran
d.      tujuan lembaga ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
e.       salah satu alat penukaran yang berlaku dalam lembaga ekonmi adalah uang

30.  Salah satu bentuk perubahan sosial dibidang politik adalah pemilihan presiden secara langsung. Dampak positif perubahan sosial tersebut adalah...
a.       adanya politik uang untuk memperlancar jalan menuju kekuasaan
b.      masyarakat menjadi terkotak-kotak dalam mendukung calon pemimpin
c.       menimbulkan gejala disintegrasi bangsa Indonesia
d.      meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam bidang politik
e.       membengkaknya anggaran pemilu

31.  Perkembangan di bidang teknologi komunikasi membawa perubahan perilaku masyarakat dalam bidang ekonomi. Masyarakat kini lebih suka berbelanja dengan sistem daring karena lebih hemat tenaga. Kondisi tersebut menunjukan bahwa telah terjadi....
a.       pola hidup hedonisme
b.      perubahan sikap menjadi individualitas
c.       munculnya tren baru yang disukai masyarakat
d.      perubahan struktur sosial secara total
e.       perubahan tata nilai dalam masyarakat

32.  Semua siswa SMA mempelajari bahasa daerah sesuai tempat tinggalnya. Gunarto tinggal di daerah Semarang, sehingga mendapat pelajaran bahasa Jawa. Dalam pembelajaran bahasa Jawa sisa diwajibkan untuk bisa menulis aksara Jawa dan nembang Macapat. Fungsi lembaga pendidikkan yang tampak pada ilustrasi tersebut adalah....
a.       mengajarkan ilmu pengetahuan untuk bekal kerja
b.      sebagai saran pewarisan budaya ke generasi selanjutanya
c.       mengajarkan ketrampilan berdasarkan teknologi masa kini
d.      mengembangkan kemampuan berpikir analitis
e.       membentuk sikap terpuji sesuai karakter bangsa

33.  Untuk mengatasi kelangkaan produksi daging sapi dalam negeri, pemerinatah melakukan impor daging sapi dari Australia dan Selandia Baru. Hal ini mengakibatkan harga daging sapi bisa turun dan masyarakat dapat mengonsumsi daging sapi. Fungsi lembaga ekonomi dalam contoh tersebut adalah....
a. menentukan harga pasar
b. melakukan pembelian barang
c. menghasilkan barang dan jasa
d. sebagai penyalur barang kepada masyarakat
e. memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat

34.  Perhatikan tabel nilai ujian Sosiologi di SMA X kelas XII IPS 1 berikut.
Nilai
Frek
90
6
80
16
70
10
60
5
50
3

Berdasarkan tabel nilai tersebut diketahui bahwa.....
a.       batas nilai ketuntasan belajar sebesar 74,25
b.      nilai terendah peserta didik adalah 74,25
c.       nilai tertinggi peerta didik adalah 100
d.      rata-rata nilai peserta didik adalah 74,25
e.       peserta didik paling banyak mendapatkan nilai 74,25

35.  Seorang peneliti membuat suatu penelitian mengenai pilihan cara belajar siswa yang efektif. Ia membuat formulir berisi berbagi pernyataan dengan pilihan jawaban berbentuk angka. Ia kemudian memberikan formulir kepada siswa suatu sekolah. Berdasarakan bentuk data dan metode analisis yang dilakukan, penelitian tersebut termasuk....
a.       kuantitaitf
b.      evaluatif
c.       eksploratif
d.      kualitatif
e.       deskriptif

36.  Setelah topik penelitian, seorang peneliti harus mekaukan pembatan topik penelitian, tujuannya dilakukan pembatasan topik adalah....
a.       Mudah mendapatkan sampel penelitian dengan mudah
b.      penelitian dapat lebih cepat selesai dilakukan
c.       mencegah penelitian berkembang terlalu luas
d.      peneliti dapat mementukan metode penelitian
e.       penelitian bermanfaat bagi masyarakat

37.  Perhatikan langkah-langkah dibawah ini.
1.      Memasukan data yang diperoleh ke dalam tabel
2.      Memberi garis (tally) pada masing-masing data.
3.      Menghitung frekuensi data.
Langkah-langkah pengolahan data tersebut termasuk dalam tahapan....
a.       coding
b.      editing
c.       tabulasi data
d.      analisis daa
e.       penghitungan data

38.  Perhatikan tabel berikut.
Interval
Xi
Fi
Fi. Xi
60-65
62
4
248
66-70
67,5
8
337,5
71-75
71
3
213
76-80
78
5
390
81-85
84,5
4
338
86-90
87
5
435
91-95
95
3
285
Jumlah

32
2246,5

Berdasarkan tabel tersebut, mean yang diperoleh adalah.....
a.       67,5
b.      70,5
c.       70,2
d.      80
e.       65
39.  Seorang peneliti ingin meneliti tentang kebudayaan Suku Anak Dalam. Untuk memperoleh data yang akurat, peneliti ikut dalam kegiatan Suku Anak Dalam selama beberapa bulan. Kelebihan metode pengambilan data yang dilakukan peneliti adalah....
a.       dana yang dikeluarkan relatif besar
b.      peneliti bisa terlibat langsung dengan masyarakat
c.       dapat memeperoleh data yang banyak dalam waktu singkat
d.      dapat bertemu langsung dengan masyarakat yang diteliti.
e.       dapat memperoleh data langsung dengan lebih sempurna

40.  Seorang peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pola penggunaan dana program bantuan dana desa. Bagi masyarakat, kegiatan penelitian membawa manfaat....
A.    menambah khasanah ilmu penegtahuan
B.     mendorong dilakukannya penelitian lajutan
C.     meningkatkan prestasi akademik peneliti
D.    sebagai acuan dalam menagmbil kebijakan
E.     menambah wawasan tentang bantuan dana desa

Soal essay
1.      Jelaskan sosialisasi yang dilalui seseorang pada tahap siap bertindak (Game Stage)?
2.      Kelompok terbagi kedalam berbagai macam. Jelaskan perbedaan paguyuban dan patembayan?
3.      Sebutkan beberapa cara mengantisipasi dampak negatif globalisasi?
4.      Jelaskan fungsi proteksi suatu lemabaga keluarga?
5.      Perhatikan tabel hasil try out Sosiologi siswa kelas XII IPS

Nilai X
Frekuensi
50
12
60
23
70
34
80
22
90
21
Jumlah
                112

Berdasarkan data diatas, hitunglah rata-rata hasil try out Sosiologi kelas XII


1 Response to "SOAL USBN SMA/MA SOSIOLOGI PAKET 2"