Warta Madrasah - sahabat warta madrasah pada kesempatan ini kami akan menyajikan tentang Contoh RKS/RKJM yang sesuai dengan standar Akreditasi Sekolah/Madrasah. berikut contoh pendahuluannya.
Era globalisasi yang
tak terbendung akan membawa dampak perubahan pada berbagai bidang kehidupan
masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, keamanan,
maupun kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Perkembangan dan
perubahan di berbagai bidang tersebut secara langsung ataupun tidak langsung
akan berpengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan. Pengaruh secara
langsung yang dihadapi dunia pendidikan adalah perubahan sikap masyarakat terhadap
dunia pendidikan. Perhatian masyarakat terhadap dunia pendidikan semakin
tinggi. Masyarakat mempunyai harapan yang besar terhadap pendidikan. Pendidikan
diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan zaman dan menghasilkan output yang
siap menghadapi tantangan zaman yang semakin kompetitif; sedangkan pengaruh
tidak langsung, dunia pendidikan mau tidak mau harus terus berbenah agar
keberadaannya benar-benar mampu menjawab kebutuhan zaman. Oleh karena itu,
berbagai upaya inovasi dan perubahan baik, dari sisi filosofi maupun manajemen
pendidikan harus selalu berubah dan berkembang selaras dengan paradigma
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Masyarakat modern
dengan berbagai pergeseran corak budaya serta kehidupan sosial ekonomi dan
politiknya menuntut agar pendidikan
benar-benar mampu mencetak genarasi yang paripurna, siap bersaing di kancah
global.
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang pesat, mau tidak mau harus diakomodasi oleh
lembaga pendidikan. Sosok sekolah harus mampu mengikuti arus perkembangan
tersebut dan untuk selanjutnya mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi itu
untuk membentuk output yang melek teknologi. Pendidikan yang berbasis ternologi
adalah jawaban yang tidak bisa ditawar-tawar.
Pada intinya, perubahan
pranata sosial, ekonomi, budaya, dan ilmu pengetahuan serta teknologi harus senantiasa terakses dan
terwadahi dalam rangka menentukan arah kebijakan pendidikan. Dengan demikian,
pendidikan di Indonesia akan semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi.
ANALISIS
PENDIDIKAN MASA DATANG
Berbagai usaha telah
dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya pengembangan
kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan,
pengadaan bahan ajar yang relevan,pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana
pendidikan, serta peningkatan mutu manajemen sekolah. Berbagai produk
perundangan dan kebijakan dalam bidang pendidikan pun sudah dicanangkan,
misalnya pencanangan wajib belajar 9 tahun, Undang-Undang No 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan, serta Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 22 dan 23 Tahun 2006.Berbagai usaha tersebut diharapkan akan
mampu meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang dapat dilihat dari
indikator ketercapaian sebagai berikut.
1. Anak
usia sekolah, terutama sekolah dasar dan menengah mendapat pelayanan pendidikan
yang memadai tanpa membedakan gender, tingkat sosial ekonomi, agama, suku
bangsa, dan sebagainya.
2. Terpenuhinya
standar nasional pendidikan yang mencakup standar isi, standar proses, standar
lulusan, standar pendanaan, standar manajeman, standar sarana prasarana,
standar pendidik dan tenaga kependidikan, dan standar penilaian pada semua
jenjang pendidikan dasar dan menengah.
B. ANALISIS
PENDIDIKAN MASA SEKARANG
Salah satu permasalahan
pendidikan dewasa ini yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu
pendidikan di setiap jenjang. Menurut Human Development Index (HDI) tahun 2004,
pendidikan di Indonesia menduduki peringkat ke-111 dari 147 negara. Bahkan
pendidikan di negara kita jauh tertinggal dari negara-negara tetangga seperti
Malaysia, Singapura, bahkan Vietnam.
Rendahnya kualitas
pendidikan di negara kita tidak terlepas dari berbagai faktor penyebab, di
antaranya adalah(a) kondisi sosial
ekonomi masyarakat yang masih terpuruk akibat krisis multidimensi yang mendera
bangsa Indonesia 10 tahun terakhir, (b) masih rendahnya perhatian masyarakat
terhadap pentingnya pendidikan, (c) masih kurang optimalnya dana yang disalurkan
oleh pemerintah melalui APBN untuk sektor pendidikan, (d) letak geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan sehingga daya jangkau/akses pendidikan untuk
daerah terpencil masih sangat minim, (e) jumlah penduduk yang besar dengan
keragaman budaya, agama, suku, bahasa, dan adat-istiadat, (f) masih belum
optimalnya pengelolaan manajemen pendidikan mulai dari tingkat sekolah sampai
tingkat pusat sehingga arah pendidikan kurang jelas dan terfokus, dan (g) masih
terjadinya ketimpangan mutu dan kondisi yang sangat jauh antara sekolah di kota
dengan di daerah-daerah terpencilserta faktor-faktor yang lain.
Dari sisi akses pendidikan, masih
banyak bahkan jutaan anak Indonesia yang belum bisa menikmati dan mengenyam
pendidikan minimal sampai tingkat menengah. Kondisi ini terjadi lebih
disebabkan oleh keterbatasan faktor ekonomi keluarga dan tingginya biaya
pendidikan, khususnya di sekolah-sekolah perkotaan. Kalau kondisi ini tidak
tertangani secara serius, kita akan menjadi bangsa yang semakin terpuruk dan tergilas
dalam arus global.
SILAHKAN DOWNLOAD CONTOH RKS/RKJM DI SINI
SILAHKAN DOWNLOAD CONTOH RKS/RKJM DI SINI
0 Response to "CONTOH RKS/RKJM SEKOLAH/MADRASAH"
Post a Comment