Belajar adalah
suatu proses perubahan perilaku sebagai hasil dari interaksi
dengan lingkungannya dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya.19
Dari beberapa
pengertian belajar tersebut dapat dipahami bahwa belajar merupakan suatu proses
usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku
yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam
interaksi dengan lingkungannya 20.
Hasil
belajar adalah kemampuan -kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah
menerima pengalaman belajarnya 21.
Hasil belajar menunjuk pada prestasi belajar, sedangkan prestasi belajar
merupakan indikator adanya derajat atau tingkatan perubahan tingkah laku
peserta didik.22.
Jadi hasil belajar peserta didik pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah
laku yang mencakup bida ng kognitif, afektif dan psikomotoris23.
Berdasarkan
pengertian dari hasil belajar kita dapat
menengarai tujuan utamanya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang
dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran,
dimana ting kat keberhasilan tersebut kemudian ditandai dengan skala nilai
berupa huruf atau kata atau simbol. Apabila tujuan utama kegiatan hasil belajar
ini sudah terealisasi, maka hasilnya
dapat difungsikan
dan ditujukan untuk berbagai keperluan. 24
b. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Hasil Belajar. 1).
Faktor Intern
a).
Faktor Jasmaniah
Termasuk
di dalamnya faktor kesehatan, hasil belajar tidak akan maksimal apabila
kesehatan terganggu, selain itu juga
peserta didik akan cepat lelah, kurang bersemangat, ngantuk
jika badannya lemah,
kurang darah ataupun ada
gangguan-gangguan/
kelainan-kelainan fungsi alat inderanya serta tubuhnya.25
b). Faktor
Psikologis (1). Inteligensi
Intelegensi
adalah kecakapan yang terdiri dari tiga jenis, yaitu kecakapan untuk menghadapi
dan menyesuaikan ke dalam situasi yang
baru dengan cepat dan efektif, mengetahui atau
menggunakan konsep - konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi dan
mempelajarinya dengan cepat. 26
(2). Minat (interest)
Minat
yaitu kecenderungan dan kegairahan ya ng tinggi atau keinginan yang besar
terhadap sesuatu. Minat dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar dalam mata
pelajaran tertentu27.
(3). Bakat
Bakat
adalah kemampuan untuk belajar. Kemampuan itu baru akan terealisasi menjadi
kecakapan yang nyata sesudah belajar dan berlatih. 28
(4). Motivasi
Motivasi
merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar. Lemahnya
motivasi belajar akan melemahkan kegiatan belajar. Selanjutnya, mutu hasil
belajar akan menjadi rendah. 29.
2). Faktor Ekstern
Faktor
ekstern adalah faktor yang berasal dari luar individu. Yang termasuk faktor
ekstern yang dapat mempengaruhi hasil belajar, antara lain:
a)
Faktor Keluarga
b)
Faktor Sekolah
c)
Faktor Masyarakat
d)
Media Massa
e)
Teman bergaul
f)
Bentuk kehidupan
masyarakat.
0 Response to "PENGERTIAN HASIL BELAJAR"
Post a Comment