Warta Madrasah – Sahabat warta madrasah
sebagai persiapan akreditasi berikut kami berikan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI Kelas
1-6. Mata pelajaran Aqidah-Akhlak di
Madrasah Ibtidaiyah berisi pelajaran yang dapat mengarahkan kepada pencapaian
kemampuan dasar peserta didik untuk dapat memahami rukun iman dengan sederhana
serta pengamalan dan pembiasaan berakhlak Islami secara sederhana pula, untuk
dapat dijadikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk jenjang
pendidikan berikutnya.
Ruang
lingkup mata pelajaran Aqidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:
- Aspek Aqidah
(keimanan) meliputi:.
a. Kalimat thoyyibah sebagai materi pembiasaan,
meliputi: Laa ilaaha illallah, basmalah, alhamdulillah, subhanallah, Allahu
Akbar, ta’awwud, Masya Allah, Assalamu’alaikum, shalawat, Tarji’, Laa haula
wala quwwata illa billah dan istighfar
b. Al-Asma al-Husna sebagai materi pembiasaan,
meliputi: al-Ahad, al-Khaliq, ar-Rahman, ar-Rahiim, as- Sami’, ar-Razak,
al-Mughny, al-Hamid, asy-Syakur, al-Quddus, ash-Shomad, al-Muhaimin, al-‘Adhim,
al- Karim, al-Kabir, al-Malik, al-Bathin, al-Waly, al-Mujib, al-Wahhab,
al-’Alim, adh-Dhahir, ar-Rasyid, al-Hadi, as-Salam, al-Mu’min, al-Latif,
al-Baqi, al-Bashir, al-Muhyi, al-Mumit, al-Qowy, al-Hakim, al-Jabbar,
al-Mushawwir, al-Qadir, al-Ghafur, al-Afuww, ash-Shabur dan al-Halim.
c. Iman kepada Allah dengan pembuktian sederhana
melalui kalimat thoyyibah, Al-Asma al-Husna dan pengenalan terhadap sholat lima waktu sebagai
manifestasi iman kepada Allah.
d.
Meyakini rukun iman (iman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rosul dan Hari
akhir serta Qadla dan Qadar Allah)
- Aspek Akhlak melliputi:
a.
Pembiasaan Akhlak karimah
(mahmudah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas,
yaitu: Disiplin, hidup bersih, ramah,
sopan-santun, syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin,
percaya diri, kasih sayang, taat, rukun,
tolong-menolong, hormat dan patuh, siddiq, amanah, tabligh, Fathonah,
tanggung jawab, adil, bijaksana, teguh pendirian, dermawan, optimis, qonaah dan
tawakal.
b.
Mengindari Akhlak Sayi’ah
(madzmumah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas,
yaitu: hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong, malas, durhaka,
khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir, serakah, pesimis,
putus asa, marah, fasik dan murtad.
- Aspek Adab Islami, meliputi:
a.
Adab terhadap diri sendiri,
yaitu: adab mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah,
berpakaian, makan, minum, bersin, belajar dan bermain.
b.
Adab terhadap Allah, yaitu:
Adab di Masjid, mengaji dan beribadah.
c.
Adab kepada sesama, yaitu:
Kepada orang tua, saudara, guru, teman dan tetangga
d.
Adab terhadap lingkungan,
yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum dan di jalan.
- Aspek kisah teladan, meliputi: Kisah Nabi
Ibrahim mencari Tuhan, Nabi Sulaiman dengan tentara semut, masa kecil Nabi
Muhammad s.a.w., masa remaja Nabi Muhammad s.a.w., Nabi Ismail, Kan’an,
kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s., Tsa’labah, Masithah, Ulul Azmi,
Abu Lahab, Qarun, Nabi sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan
Nabi Ayub. Materi kisah-kisah teladan ini disajikan sebagai penguat
terhadap isi materi, yaitu aqidah dan Akhlak, sehingga tidak ditampilkan
dalam Standar Kompetensi, tapi ditampilkan dalam Kompetensi dasar dan
indikator.
Demikian pembahasan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran
Akidah Akhlak MI Kelas 1-6 Semoga
bermanfaat
Silahkan download Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran
Akidah Akhlak MI Kelas 1-6
Klik Pada link di bawah
ini
0 Response to "Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI Kelas 1-6"
Post a Comment