Sahabat warta madrasah sebagai persiapan Ulangan Tengah Semester
Gasal (UTS), berikut kami berikan contoh Soal UTS Gasal Kelas 11 KE-NU-AN. Soal ini terdiri dari
pilihan ganda dan isian, selamat menccoba
1. Secara bahasa, yang tidak
termasuk arti kata Ahl dalam Ahlussunnah wal-Jamaah (Aswaja) adalah…
a.
golongan d.
warga negara
b.
perjanjian e. kelompok
c.
keluarga
2.
Istilah Ahlul Hadits merupakan nama lain dari Ahlus Sunnah sebagai pengecualian dari
kelompok yang tidak mengakui adanya hadits sebagai sumber hukum Islam, yaitu…
a.
Wahabiyah dan Muktazilah
b.
Muktazilah dan Qadariyah
c.
Muktazilah dan Khawarij
d.
Jabariyah dan Khawarij
e.
Khawarij dan Syi’ah
3.
Nama Ahlussunnah wal-Jamaah lahir atas prakarsa dua sosok ulama besar
bidang tauhid, yaitu…
a.
Abul Hasan as-Asy’ari dan
Hasan al-Basyri
b.
Abul Hasan as-Asy’ari dan al-Maturidi
c.
Abul Hasan as-Asy’ari dan
al-Ghazali
d.
Hasan al-Basyri dan Washil
bin Atha’
e.
Hasan al-Basyri dan Ibnu
Thaimiyah.
4.
Ahlussunnah wal-Jamaah lahir sebagai reaksi atas munculnya paham Muktazilah
yang liar dalam doktrin ketuhanan yang dipelopori oleh…
a.
Muhammad ibn Abdul Wahhab
b.
Muhammad Abduh
c.
Rasyid Ridla
d.
Washil bin Atha’
e.
Ibnu Taimiyah.
5.
Berikut yang bukan termasuk
nama lain Ahlussunnah wal-Jamaah
adalah…
a.
Wahabi Salafi d. Asya’irah
b.
al-Firqah al-Najiyah e.
Sunni
c.
Sawad al-A’dham
6.
Tantangan generasi muda NU
(IPNU-IPPNU, ANSHOR-FATAYAT) adalah mewaspadai munculnya aliran sempalan Islam,
misalnya…
a.
PKS (Partai Keadilan
Sejahtera)
b.
FPI (Front Pembela Islam)
c.
LDII (Lembaga Dakwah Islam
Indonesia)
d.
JIL (Jaringan Islam
Liberal)
e.
Pluralisme
7.
Upaya untuk menghadapi berbagai
tantangan: Islam Radikal, liberalisme, pluralisme dan aliran sempalan Islam
adalah dengan cara…
a.
Menghadapi mereka dengan
kekerasan yang sama
b.
Menebarkan fitnah kehidupan
beragama diantara mereka
c.
Menanamkan nilai-nilai Ahlussunnah wal-Jamaah secara aplikatif
dan transformatif
d.
Perlawanan secara
reaksioner dan destruktif
e.
Mengaplikasikan toleransi
dengan sesama muslim
8.
Berikut yang bukan
merupakan sebab gagalnya “Islam Prostra” dalam membendung radikalisme ideologi,
pluralisme dan Sempalan Islam adalah…
a.
Metodologi yang digunakan
terlalu rumit
b.
Istilah bahasa yang
digunakan kurang populer
c.
Rendahnya sumber daya
manusia (SDM)
d.
Sosialisasi dan
transformasi kurang maksimal
e.
Program yang dilaksanakan
masih terkesan “LSM Centris” dan belum merupakan gerakan.
9.
Salah satu disiplin ilmu
yang seyogyanya dikuasai untuk dapat memahami paradigma Ahlussunnah wal-Jamaah adalah upaya penggalian hukum berdasarkan
al-Qur’an dan al-Hadits, yang lazim disebut dengan…
a.
Ushul Fiqih d. Qiyas
b.
Maqashid Syariah e.
Ijtihad
c.
Bahasa Arab
10.
Organisasi keagamaan
terbesar di Indonesia yang berusaha sungguh-sungguh mempertahanakan dan
melestarikan Ahlussunnah wal-Jamaah
adalah…
a.
HTI d.
JIL
b.
Muhammadiyah e. NU
c.
Muslimin Indonesia
11.
Setiap lembaga pendidikan
yang berada di bawah naungan LP Maarif NU, mulai dari SD sampai dengan PT
diberi materi Ke-NU-an atau Aswaja. Upaya aktualisasi Ahlussunnah wal-Jamaah ini dilakukan melalui pendekatan…
a.
Doktrinal d.
Metodologis
b.
Historis e. Kultural
c.
Aplikatif
12.
Sejarah tentang Imam Syafii
yang pernah menunaikan shalat shubuh tanpa doa qunut ketika di Madinah demi
menghormati Imam Malik, adalah salah satu contoh bentuk pendekatan aktualisasi
paham Ahlussunnah wal-Jamaah, yaitu…
a.
Doktrinal d.
Metodologis
b.
Historis e. Kultural
c.
Komunikatif
13.
Ahlussunnah wal-Jamaah tidak kaku dalam menghadapi dinamika ilmu
pengetahuan dan teknologi, sosial, politik dan budaya; karena telah diposisikan sebagai…
a.
Dasar hukum agama d.
Hukum positif
b.
Manhaj al-Fikr e. Aqidah
c.
Way of life
14.
Secara bahasa, Bahtsul Masail berarti…
a.
Pokok-pokok masalah
b.
Hal-hal khusus yang
diprioritaskan
c.
Keputusan suatu hukum
d.
Pembahasan masalah
e.
Pemecahan masalah
15.
Bahtsul Masail dalam NU bertujuan untuk
a.
Mendirikan dan melestarikan
paham Aswaja dalam aplikasinya di tengah masyarakat
b.
Mendirikan partai politik
tertentu untuk mendukung pembangunan nasional di segala bidang
c.
Memberikan jawaban terhadap
segala masalah yang berkembang di tengah masyarakat berdasarkan al-Quran,
Hadits dan Ijmak serta pendapat para ulama Salafus
Shalih.
d.
Memberikan sumbangsih
kerukunan intern umat beragama dan antar umat beragama serta umat beragama
dengan pemerintah
e.
Menyatukan antar kelompok
dan golongan serta paham dan aliran yang berseberangan.
16.
Secara global, Bahtsul Masail dalam NU dilakukan dengan
2 (dua) cara, yaitu…
a.
Waqi’iyah, Maudhu’iyah
b.
Dharuriyah, Maudhu’iyah
c.
Aqliyah, Naqliyah
d.
Aktual, Dharuriyah
e.
Tematik, Aqliyah
17.
Mengeluarkan hukum yang
bersifat praktis berkaitan dengan perbuatan mukallaf dari dalil-dalil syar’i
yang rinci , baik dari al-Qur’an maupun al-Hadits disebut dengan…
a.
Ijtihad d. Ijmak
b.
Istinbath e.
Istihsan
c.
Maslahah Mursalah
18.
Pengambilan keputusan hukum
dalam Bahtsul Masail NU dengan
tidak hanya berdasarkan satu madzhab saja, melainkan 3 (tiga) madzhab yang lain
untuk menghadapi masalah yang tidak secara jelas disebutkan dalam kitab-kitab
yang mu’tabar disebut dengan metode…
a.
Manhaji d. Aqli
b.
Qauli e. Naqli
c.
Istiqra’i
19.
Perkembangan penting Bahtsul
Masail NU selain tentang kitab
rujukan adalah…
a.
Mempertimbangkan pendapat
para ahli di bidangnya masing-masing dalam setiap pembahasan suatu masalah
b.
Selalu menyertakan dalil
naqli dalam setiap keputusan hukum yang diambil
c.
Mengedepankan kesepakatan
mayoritas peserta Bahtsul Masail dalam menentukan keputusan hukum
d.
Sedapat mungkin menghindari
khilafiyah diantara pendapat para ulama
e.
Keputusan suatu Bahtsul
Masail tidak dapat digugurkan oleh Bahtsul Masail berikutnya tanpa
argumentasi kitab-kitab rujukan yang lebih kuat.
20.
Permasalahan yang hendak
disamakan, yang belum ada ketetapannya dalam kitab rujukan Bahtsul Masail disebut
dengan…
a.
Mulhaq alaih d. qiyas
b.
Mulhaq bih e. ijmak
c.
Wajh al-Ilhaq
A.
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan singkat dan benar
1. Jelaskan pengertian Bahtsul Masail secara istilah!
2. Sebutkan 3 (tiga) kriteria Ahlussunnah wal-Jamaah lengkap dengan para tokohnya!
3. Jelaskan, apakah yang
dimaksud dengan Manhaj al-Fikr,
sebutkan 4 (empat) prinsip-prinsip Manhaj
al-Fikr, sertakan penjelasan secukupnya!
4. Sebutkan dan jelaskan 3
(tiga) fungsi Bahtsul Masail yang Kamu ketahui!
5. Sebutkan dan jelaskan 4 (empat) metode
bermadzhab (penetapan hukum) dalam NU berdasarkan Munas NU di Bandar Lampung
pada tahun 1992!
0 Response to "Soal UTS Gasal Kelas 11 KE-NU-AN"
Post a Comment