Warta Madrasah – Warta Madrasah – Sahabat warta madrasah sebagai persiapan
akreditasi berikut kami berikan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran SKI MI Kelas 3-6. Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah
merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul,
perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang
berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai
dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan
Nabi Muhammad SAW, sampai masa Khulafaurrasyidin. Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi
dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan
untuk melatih kecerdasan, membentuk
sikap, watak dan kepribadian peserta didik.
Penyusunan
Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah ini dilakukan
dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah, dan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, terutama pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam aspek Tarikh & Kebudayaan Islam untuk SD/MI, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, Tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
Tujuan
Mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
- Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma
Islam yang telah dibangun oleh
Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
- Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan
sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
- Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan
ilmiah.
- Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta
didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau.
- Mengembangkan kemampuan peserta didik
dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam),
meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena
sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan
kebudayaan dan peradaban Islam.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah meliputi :
- Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah
kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad Saw.
- Dakwah Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya,
yang meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi
Muhammad Saw, hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thoif, peristiwa Isra’ Mi’raj
Nabi Muhammad Saw.
- Peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib,
keperwiraan Nabi Muhammad Saw, peristiwa Fathul Mekah, dan peristiwa akhir
hayat Rasulullah Saw .
- Peristiwa-peristiwa pada masa Khulafaurrasyidin
- Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah
masing-masing.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Mengenal,
mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra Islam,
sejarah Rasulullah Saw, Khulafaurrasyidin, serta perjuangan tokoh-tokoh agama
Islam di daerah masing-masing
Demikian pembahasan Perangkat
Pembelajaran Mata Pelajaran SKI MI Kelas 3-6 Semoga bermanfaat
Silahkan download Perangkat
Pembelajaran Mata Pelajaran SKI MI Kelas 3-6
Klik Pada link di bawah ini
2. Silabus SKI
3. RPP SKI
6. Pemetaan SKI
7. KKM SKI
0 Response to "Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran SKI MI Kelas 3-6"
Post a Comment