Warta
Madrasah - Sahabat warta madrasah sebagai wujud pengabdian kami sebagai warga
madrasah berikut kami berikan Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK
Terbaru Tahun 2017.
Sejak tahun
2012, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) menetapkan tagline
baru: akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu. Tagline baru tersebut
dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BANS/M: profesional,
tepercaya, dan terbuka. Setelah mulai mendapatkan pengakuan masyarakat, BAN-S/M
senantiasa berusaha menjadikan dirinya sebagai institusi penjaminan mutu
pendidikan.
Akreditasi
bermutu untuk pendidikan bermutu memiliki empat pilar. Pertama, perangkat yang
bermutu. BAN-S/M berusaha menyempurnakan Perangkat Akreditasi sebagai alat
penilaian mutu pendidikan yang valid dan realiable dengan mengacu pada Standar
Nasional Pendidikan dan Peraturan-peraturan yang terkait. Perangkat yang
bermutu terdiri atas Instrumen, Petunjuk Teknis, Data dan Informasi Pendukung
serta Teknik Penskoran. Perangkat Akreditasi disusun dengan bahasa yang mudah
dan sederhana sehingga tidak menimbulkan salah pengertian dan perbedaan
pendapat antara sekolah/madrasah dengan asesor.
Perangkat
disusun dengan lebih sederhana sehingga memudahkan sekolah/madrasah dalam
mempersiapkan akreditasi dan pada saat visitasi. Perangkat Akreditasi dapat
diakses melalui website BAN-S/M atau BAP-S/M, Dinas Pendidikan, Kantor
Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan media lainnya sehingga dapat dipelajari.
Pilar kedua
adalah asesor yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan
keterbukaan, BAN-S/M mensyaratkan usia asesor 35-60 tahun, pendidikan
sekurang-kurangnya S1, memiliki pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan
yang relevan, dan mahir komputer. Bagi asesor dari profesi guru harus berasal
dari sekolah/madrasah yang terakreditasi. Asesor juga harus memiliki kecakapan
sosial dan berkepribadian luhur. Asesor yang tidak mematuhi kode etik dapat
diberhentikan. Rekrutmen asesor dilaksanakan secara terbuka melalui pengumuman
di media massa atau pemberitahuan ke lembaga terkait.
Setiap orang
yang melamar sebagai asesor harus mengikuti tes tulis, wawancara, penilaian
portofolio, dan pelatihan calon asesor. Asesor bukanlah mereka yang ditunjuk
tetapi kalangan profesional yang diseleksi dengan ketat. Asesor adalah salah
satu pelaku utama Akreditasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat
sehingga kepribadian mereka menentukan citra BAN-S/M dan hal-hal lain yang
terkait dengan Akreditasi.
Pilar ketiga
adalah manajemen yang bermutu. BAN-S/M berusaha memperbaiki sistem manajemen
baik yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan kegiatan. monitoring dan
evaluasi. Proses penetapan kuota dan sekolah/madrasah diperbaiki sehingga lebih
cepat, adil dan objektif. Usaha penyempurnaan manajemen dapat dilihat dari
perubahan prosedur operasional standar (POS). Melalui POS pihakpihak yang terkait
dengan Akreditasi khususnya Badan Akreditasi Provinsi
Sekolah/Madrasah
(BAP-S/M) dan kepala sekolah/madrasah dapat melaksanakan kegiatan dengan benar.
Termasuk ke dalam pilar ketiga adalah pertanggungjawaban keuangan yang benar,
kinerja dan komunikasi yang semakin baik.
Pilar keempat
adalah hasil-hasil yang bermutu. BAN-S/M mulai mengembangkan sistem database
yang memuat hasil dan peringkat Akreditasi. Hasil-hasil Akreditasi terintegrasi
dengan data pokok pendidikan, dan memuat data tentang keadaan sekolah/madrasah
sehingga menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan.
BAN-S/M mencatat beberapa Daerah mulai menjadikan hasil Akreditasi sebagai
bagian dari program peningkatan mutu pendidikan. BANS/M senantiasa memberikan
data-data yang available (lengkap dan mutakhir), accessable (mudah diakses),
dan beneficial (bermanfaat). Berbagai pihak dapat mengolah dan memanfaatkan
hasil Akreditasi untuk kepentingan studi, pemetaan mutu pendidikan, dan
perencanaan pembangunan.
POS yang ada
di tangan pembaca berisi langkah-langkah dan mekanisme Akreditasi sebagai
bentuk keterbukaan dan akuntabilitas baik proses maupun hasil. Selamat membaca.
Saran, kritik, dan masukan dari pembaca sangat diperlukan dan bermanfaat untuk
peningkatan kualitas dan pelayanan Akreditasi
Demikian Perangkat
Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK Terbaru Tahun 2017.
Semoga bermanfaat.
SILAHKAN
DOWNLOAD Perangkat
Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK Terbaru Tahun 2017.
0 Response to "Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK Terbaru Tahun 2017"
Post a Comment