Sahabat warta madrasah sebagai persiapan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK), berikut kami berikan
contoh Soal UKK Genap Kelas 10
Ke-NU-an. Soal ini terdiri dari pilihan ganda dan isian, selamat mencoba
1.
mengeluarkan
sesuatua yang tampak dalam pandangan adalah merupakan pengertian istinbat
menurut pendapat....
A.
Imam Ibnu Katsir
B.
Imam
Jalalain
C.
Imam
al-Maraghi
D.
Imam
Qurtubi
E.
Imam
al Bisr
2.
bagi
para ulama mujtahid, istinbat
memiliki kedudukan sebagai.......dalam penetapan hukum Islam
A.
Syarat
B.
Rukun
C.
Ketentuan
D.
Tujuan
E.
Metode
3.
jumlah
istinbat yang dipergunakan para ulama mujtahid dalam menetapkan hukum Islam
ada....macam
A.
5
B.
4
C.
3
D.
2
E.
1
4.
berikut
ini adalah pengertian bahtsul menurut bahas, kecuali...
A.
Meneliti
B.
Mendiskusikan
C.
Membahas
D.
Menyimpulkan
E.
Memusyawarahkan
1)
Pendidikan, politik, budaya, ekonomi dan pemerintahan
2)
Agama, Sosial, Ekonomi, budaya dan politik
3)
Pembangunan, korupsi, narkoba, transmigrasi dan perdagangan
4)
Pemilu, pembangunan, budaya, politik dan pemerintahan
5)
pemblayakan liar, lingkungan hidup, ekonomi, keamanan dan agama
5.
Dari
pernyataan-pernyataan di atas yang menjadi bahan dalam bahtsul masail yang
dilakukan oleh para ulama NU adalah...
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
6.
tujuan
para ulama NU melakukan bahtsul masail adalah....
A.
mengumpulkan
segala persoalan yang berkembang
B.
mendiskusikan
segala persoalan yang berkembang
C.
memberikan
solusi terhadap persoalan yang berkembang
D.
meredam
segala persoalan yang berkembang
E.
mengendalikan
agar persoalan tidak semakin berkembang
7.
berikut
adalah pendapat yang dijadikan rujukan para ulama NU dalam melakukan bahtsul
masal, kecuali...
A.
Imam
Al Auzai
B.
Imam
Hanafi
C.
Imam
Maliki
D.
Imam
Syafi'i
E.
Imam
Hambali
8.
para
ulama' NU di dalam melakukan kegiatan bahtsul masail terhadap persoalan yang
belum ada jawaban hukumnya dengan menggunakan sumber hukum utama dan penunjang.
yang menjadi sumber hukum penunjang adalah...
A.
Syaddudzarai
dan qiyas
B.
'Urf
dan Ijma'
C.
Ihsan
dan Qiyas
D.
Maslahah
mursalah dan Ijma'
E.
ijma'
dan qiyas
9.
sebagai
dasar dan sumber hukum pertama yang dijadikan rujukan para ulama NU dalam
melakukan kegiatan bahtsul masail adalah...
A.
Ijma'
B.
Qiyas
C.
'Urf
D.
Al-Qur'an
E.
Hadits
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا
الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ
10. potongan ayat yang bergaris bawah di atas
memberikan petunjuk kepada ulama NU dalam melakukan bahtsul masail agar...
A.
menjadikan
Ijma' dan Qiyas sebagai bahan kajian setelah al Qur'an dan Hadits
B.
menjadikan Ijma' dan Qiyas sebagai sumber hukum setelah
al Qur'an dan Hadits
C.
menjadikan
Ijma' dan Qiyas sebagai pengayaan pengetahuan setelah al Qur'an dan Hadits
D.
Menjadikan
Ijma' dan Qiyas sebagai panduan utma setelah al Qur'an dan Hadits
E.
Menjadikan
ijma' dan qiyas sebagai pelengkap al Qur'an dan hadits
11. muhammad Abu Zahrah membagi sunnah menjadi
tiga, yaitu; sunah qauliyah, sunah fi'liyah dan sunah taqririyah. Yang dimaksud
dengan sunnah fi'liyah adalah...
A.
semua
ucapan Nabi Muhammad SAW yang menerangkan suatu hukum
B.
semua
perbuatan Nabi Muhammad SAW yang menerangkan suatu hukum
C.
semua
pengakuan Nabi Muhammad SAW yang menerangkan suatu hukum
D.
semua
pemikiran Nabi Muhammad SAW yang menerangkan suatu hukum
E.
semua
yang didiamkan oleh Nabi Muhammad SAW yang menerangkan suatu hukum
12. para ulama NU pada era sekarang di dalam
melakukan bahtsul masail menggunakan metode manhaji. Metode ini dilakukan
dengan cara mengikuti jalan pikiran,
kaidah atau metologi yang dianut oleh seoarang iamam madzhad. Metode tersebut
ditetapkan sebagai metode dalam bahtsul masail bagi ulama NU waktu...
A.
Munas
Alim Ulama NU di Jombang
B.
Munas
Alim Ulama NU di Semarang
C.
Munas
Alim Ulama NU di Jakarta
D.
Munas
Alim Ulama NU di Bandar Lampung
E.
Munas
Alim Ulama NU di Surabaya
13. metode dan hukum tentang berbagai masalah
yang telah dilakukan, diyakini dan dirumuskan oleh mujtahid adalah merupakan
pengertian bermadzhab menurut....
A.
Muhyidin
Abdusshamad
B.
Abdul
Wahab Khalaf
C.
Zainuddin
Dimyathi
D.
Imam
Saifudin Ali
E.
Imam
As-Suyuthi
14. berikut adalah faktor yang mempengaruhi
kebenaran dan keterkenalan pendapat imam mujtahid seperti; Imam Abu Hanifah,
Imam Malik, Imam Syafii, dan Imam Ibnu Hambal di kalangan umat Islam,
kecuali...
A.
Kualitsa
dan keilmuan Imam Mujtahid
B.
Publikasi
dari seorang khalifah di zamannya
C.
keempat
Imam mujtahid adalah mujtahid mutlak
D.
mempunyai
murid yang konsisten menulis dan mengajarkan ajaran madzhab imamnya
E.
adanya
hubungan intelektual antar imam madzhab
15. hukum bermadzhab bagi umat Islam yang tidak
memiliki kemampuan untuk melakukan ijtihad adalah.....
A.
Mubah
B.
Haram
C.
Makruh
D.
Sunah
E.
Wajib
16. berikut adalah imam madzhab yang muktabar
dan terkenal untuk dijadikan sebagai imam madzhab bagi umat Islam. kecuali...
A.
Imam
Al Auzai
B.
Imam
Hanafi
C.
Imam
Maliki
D.
Imam
Syafi'i
E.
Imam
Hambali
17. para ulama mujtahid seperti Imam Hanafi,
Imam Maliki, Imam Syafi'i dan Imam Hambali di dalam menetapkan hukum tidak
berdasarkan pemikiran sendiri, melainkan menggunakan dasar hukum yang bersumber
dari...
A.
Al
Qur'an dan al 'urf
B.
Al
Qur'an dan istihsan
C.
Al
Qur'an dan Qiyas
D.
Al
Qur'an dan Ijma'
E.
Al
Qur'an dan al Hadits
18. potongan hadits yang berbunyi
اتبعو السواد
الاعظم (رواه الحاكم والترمذى)
perintah
bagi umat Islam untuk....
A.
berijtihad
B.
berittiba'
C.
bermadzhab
D.
bertalfiq
E.
beri'tibar
19. kesepakatan pendapat para imam Mujtahid
tentang hukum Islam setelah Rasulullah SAW wafat disebut...
A.
Ijma'
B.
Qiyas
C.
Istihsan
D.
maslahatul
mursalah
E.
al
'Urf
1)
Gerakan penyebar Islam
2)
Pembukuan kitab suci al-Qur'an
3)
pemberantasan kaum murtad
4)
pemilihan khalifah pertama
50
penumpasan nabi palsu
20. dari pernyataan di atas yang merupakan bentuk
ijma' pada masa khalifah Abu Bakar ash Shiddiq ditunjukkan pada nomor...
A.
5
B.
4
C.
3
D.
2
E.
1
21. ayat yang berbunyi
وَلَوْ رَدُّوهُ إِلَى الرَّسُولِ وَإِلَىٰ أُولِي الْأَمْرِ
مِنْهُمْ
memerintahkan kepada para mujtahid di dalam
berijtihad apabika terjadi perbedaan pendapat harus kembali kepada...
A.
Allah
dan RasulNya
B.
Allah
dan para sahabat
C.
kepada
Allah dan tabi'in
D.
Allah
dan mujtahid
E.
Allah
dan para wali
22. madzhab yang menjadi penengah antara
madzhad Hanafi yang bersifat rasional dan madzhab maliki yang bersifat tekstual
adalah...
A.
Muhammad
al Ghazali
B.
Muhammad
al Auza'i
C.
Muhammad
Azh Zhahiri
D.
Madzhab
Syafi'i
E.
Madzhab
Hambali
23. berikut adalah manfaat bagi umat Islam,
khususnya warga NU dalam mengamalkan hukum Islam denga cara bermadzhab,
kecuali...
A.
dapat
memahani dan mengamalkan ajaran Islam berdasarkan al-Qur'an hadits secara benar
B.
dapat
memperoleh jaminan masuk surga dari imam madzhab
C.
dapat
memiliki imamah di dalam beribadah
D.
dapat
menghilangkan keragu-raguan bagi orang awam dalam beribadah
E.
dapat
menjadikan umat Islam memiliki sarana dalam memecahkan masalah keagamaan
24. قبول قول
القائل وانت تعلم من اين قاله. adalah merupakan pengertian
dari...
A.
Ijtihad
B.
Taklid
C.
Ittiba'
D.
Talfiq
E.
Jihad
25. di bawah ini yang bukan merupakan latar
belakang kebolehan umat Islam dalam beribadah dengan cara bertaklid adalah....
A.
beramal
ibadah tidak memberatkan pelakunya
B.
beramal
ibadah harus memiliki dasar yang jelas
C.
melakukan
hukum Islam bersifat mudah
D.
prang
awam wajib bertaklid
E.
isi
Al-qur'an dan Sunah telah rinci
26. pendapat yang mengatakan bahawa umat Islam
bertalfiq hukumnya haram, karena umat Islam yang telah memiliki madzhab harus
tetap pada madzhabnya dan tidak dibenarkan pindah kepada madzhab lain, baik
keseluruhan maupun sebagian adalah pendapat....
A.
Imam
Al Qarabi
B.
Imam
Hanafi
C.
Imam
Maliki
D.
Imam
Al Quffal Syasyi
E.
Imam
Hambali
27. umat Islam, khususnya warga NU yang ketika
melakukan salat subuh membaca qunut pada rekaat kedua setelah i'tidal dengan
mengerti dalilnya merupakan contoh...
A.
Taklid
B.
Ijtihad
C.
Talfiq
D.
Muttabi'
E.
Ittiba'
28. berikut adalah merupakan syarat bagi umat
Islam yang diperbolehkan beribadah dengan cara bertalfiq, kecuali...
A.
melakukan
talfiq dengan penuh keyakinan
B.
melakukan
talfiq untuk semua jenis ibadah
C.
melakukan
talfiq dalam hal tertentu saja
D.
tidak
untuk mencari bentuk kemudahan
E.
tidak
untuk mencari bentuk keringanan
29. فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ
إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
adalah
merupakan...
A.
pengertian
taklid dan ittiba'
B.
tata
cara taklid dan ittiba'
C.
dalil
kebolehan taklid dan ittiba'
D.
keunggunalan
taklid dan ittiba'
E.
hikmah
taklid dan ittiba'
30. beramal ibadah dengan mengikuti pendapat
imam madzhab tanpa mengerti dasar hukumnya sama sekali merupakan pengertian...
A.
Talfiq
B.
Mujtahid
C.
Ijtihad
D.
Ittiba'
E.
Taklid
31. contoh umat Islam yang melakukan hukum Islam dengan cara bertalfiq adalah...
A.
Ketika
sedang tidak enak badan
B.
ketika
beribadah haji di Mekah dan Madinah
C.
Ketika
sedang sibuk dengan pekerjaan
D.
Ketiak
hati sedang dalam keadaan gundah
E.
ketika
suasana hidup tidak bersahabat
32. pernyataan yang mengatakan bahwa apabila
umat Islam tidak memiliki kemampuan berijtihad dan tidak boleh bertaklid dan
berittiba', maka hukum Islam menyulitkan pengikutnya", adalah merupakan
dasar taklid dan ittiba' menurut...
A.
Al-Qur'an
dan Hadits
B.
Al-Qur'an
dan Ijma'
C.
Al-Qur'an
dan Qiyas
D.
Al-Qur'an
dan Al Urf
E.
Al-Qur'an
dan Rasio (Akal)
33. sebagai tempat sandaran bagi umat Islam
dalam mempertanggungjawabkan terhadap kaifiyah (tata cara) pelaksanaan ibadah
dengan cara taklid atau ittiba' adalah...
A.
Allah
SWT
B.
Nabi
Muhammad SAW
C.
Imam
Madzhab
D.
Para
Ulama'
E.
Para
Ustadz
1)
menambahkan
keyakinan bagi umat islam bahwa melakukan ibadah harus berlandaskan sumber
hukum yang benar
2)
menunjukkan
kepada umat Islam bahwa keluwesan hukum Islam menjadikan hukum Islam sesuai
perkembangan zaman
3) menunjukkan kepada umat Islam bahwa hukum
Islam itu mudah
4) menunjukkan bahwa keikhlasan menjadi sebab ibadah umat
Islam diterima oleh Allah
5) menunjukkan kepada umat Islam bahwa hukum Islam penuh
dengan alternatif
34. dari pernyataan di atas yang bukan
merupakan hikmah taklid, talfiq dan ittiba' adalah....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
35. umat Islam, khususnya warga NU memiliki
tradisi tasawuf dan tabarruk di dalam berdo'a kepada Allah SWT. Pengertian
tawasssul menurut bahasa adalah...
A.
mencari sarana
B.
mencari manfaat
C.
mencari keselamatan
D.
mencari tujuan
E.
mencari keuntungan
36. طلب
حصول منفعة او اندفاع مضرة من الله بذكر اسم نبي او ولي اكراما للمتول به adalah pengertian tawassul
menurut....
A.
Muhammad Abduh
B.
Ibnu Taimiyah
C.
Al Hafidz Taqiyyudin al Subki
D.
Mahmud Saltut
E.
Imam al Ghazali
37. hukum umat Islam, khususnya warga NU di
dalam berdo'a kepada Allah SWT dengan bertawassul dan bertabarruk kepada nabi
Muhammad SAW, para wali atau orang-oarang shalih adalah...
A.
Wajib
B.
Sunah
C.
Haram
D.
Makruh
E.
Mubah
38.
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ
وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
ayat
tersebut menjadi.....bagi umat Islam, khususnya warga NU dalam bertawassul dan
bertabarruk.
A.
Rukun
B.
Syarat
C.
Dalil
D.
Tata cara
E.
Tujuan
39. segala bentuk usaha yang dilakukan oleh
umat Islam dengan didasarkan kepada keyakinan bahwa semua keberkahan hanya
datang dari Allah, adalah merupakan pengertian tabarruk. Hukum umat Islam, khussunya waga NU melakukan
tabarruk adalah...
A.
Mubah
B.
Makruh
C.
Haram
D.
Sunah
E.
Wajib
40. berikut yang bukan merupakan jenis amalan
yang dilakukan oleh umat Islam, khususnya warga NU dalam bertawassul dan
bertabarruk kepada Allah SWT adalah...
A.
Menyalakan lilin dan bernyanyi
B.
Membaca doa-d0a
C.
Membaca lafal-lafal istighosah
D.
Membaca puji-pujian kepada Allah
E.
Membaca kalimat tahlil
41. tujuan umat Islam, khususnya warga NU dalam
ber bertawassul dan bertabarruk kepada Nabi Muhammad SAW, para wali dan
orang-orang Shalih adalah...
A.
Memperoleh kemudahan rizki dari Allah SWT
B.
Memperoleh kekuatan yang luar biasa dari Allah SWT
C.
Memperoleh keselamatan dalam segala urusan dari Allah SWT
D.
Memperoleh kebaikan dan terjauhkan dari keburukan
E.
Memperoleh kebaikan dan terjauhkan dari keburukan
42. agar segala bentuk keinginan dan cita-cita
umat Islam, khususnya warga NU dikabulkan oleh Allah SWT, maka di dalam
melakukan tawassul dan tabarruk kepada Allah hendaknya dilakukan..
A.
dengan cara bersama-sama
B.
dengan memilih hari-hari tertentu
C.
dengan cara ikhlas dan khusuk
D.
dengan cara terus menerus
E.
dengan melibatkan para kiai
43. ketika umat Islam, khususnya warga NU
berharap agar segala bentuk keinginan dan cita-cita umat Islam dikabulkan oleh
Allah SWT, maka cara yang dilakukan adalah dengan tawassul dan tabarruk kepada
Allah SWT, karena...
A.
do’a dengan tawassul dan tabarruk menjadi satu-satunya senjata umat
Islam
B.
Sumber segala bentuk keberhasilan datang melalui do’a kepada Allah SWT
C.
Manusia meraih kehidupan yang bahagia dunia dan akherat
D.
Manusia adalah makhluk yang lemah
E.
Manusia memiliki hak untuk meraih cita-cita
44. umat Islam, khususnya warga NU yang
bertawassul dan bertabarruk dengan menggunakan benda-benda alam, hukumnya
haram, karena termasuk....
A.
Musyrik
B.
Murtad
C.
Bid’ah
D.
Khurafat
E.
Klenik
1)
Mendidik manusia untuk tahu diri
2)
Memberi kesempatan kepada manusia untuk menjadi orang kaya raya
3)
Mengingatkan kepada manusia terhadap tujuan hidup yang sebenarnya
4)
Menjadi manusia yang terkenal di lingkungan masyarakat sekitar
5)
Menunjukkan kepada manusia bahwa manusia hanya memiliki hak berusaha dan
Allah SWT yang mengabulkan
45. dari pernyataan di atas yang merupakan
hikmah umat Islam, khususnya warga NU dalam bertawassul dan bertabarruk
ditunjukkan pada pasangan...
A. 1, 4 dan 5
B.
2, 3 dan 4
C.
1, 2 dan 4
D.
1, 2 dan 3
E.
1, 3 dan 5
B. Jawablah
soal di bawah ini dengan benar
46. jelaskan pengertian istinbat dengan cara
ala thairiqi al lafzdiyah yang dipergunakan oleh ulama mujtahid dalam
menetapkan hukum Islam?
47. sebutkan 2 sebab yang menjadikan madzhab
Hanafi berkembang!
48. apa nama kitab Hadis jarya Imam Hambali
yang sangat terkenal dan memuat lebih dari 40.000 Hadits?
49. mengapa umat Islam beribadah dengan cara
bertalfiq?
50. kepada
sispa saja umat Islam, khususnya warga NU bertawassul?
Mantap
ReplyDelete