Warta Madrasah – Warta
Madrasah – Sahabat warta madrasah sebagai persiapan akreditasi berikut kami
berikan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 4-6.Mata
pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan
sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif.
Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk
memahami pembicaraan orang lain dan
memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis.
Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut
sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan
Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi
peserta didik.
Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah
dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat
keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis. MeBahasa Arabpun begitu, pada tingkat
pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak
dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate),
keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat
pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan
menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi
berbahasa Arab.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan
sebagai berikut .
1.
Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang
mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam),
membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2.
Menumbuhkan
kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk
menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran
Islam.
3.
Mengembangkan
pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas
cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik
diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman
budaya.
Ruang
Lingkup
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di
Madrasah Ibtidaiyyah meliputi tema-tema tentang perkenalan, peralatan sekolah,
pekerjaan, alamat, keluargaku, anggota badan, di rumah, di kebun, di sekolah di
laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari-hari, pekerjaan,
rumah, dan rekreasi.
Standar Kompetensi Lulusan
(SKL)
1. Menyimak
Memahami
wacana lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun
sekolah.
2. Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun
sekolah
3. Membaca
Membaca
dan memahami makna wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun
sekolah .
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana dengan ejaan dan tanda
baca yang tepat
Demikian pembahasan Perangkat
Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab MI Kelas 4-6 Semoga bermanfaat
Silahkan download Perangkat
Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab MI Kelas 4-6
Klik Pada link di bawah ini
Rppnya KTSP atau K13 gan ??
ReplyDelete