SOAL BIOLOGI KELAS 10 SMA/MA


SOAL BIOLOGI KELAS 10 SMA/MA

Warta Madrasah - Sahabat Warta Madrasah tentunya kita sebagai peserta didik membutuhkan berbagai macam latihan soal, salah satunya pada mata pelajaran biologi, berikut sedikit latihan soal biologi yang bisa sahabat sekalian coba

1.      Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah.
1)      Mengumpulkan data
2)      Membuat kesimpulan
3)      Menemukan dan merumuskan masalah
4)      Menyusun hipotesis
5)      Melakukan percobaan
6)      Mengolah hasil percobaan
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah ..............

a.    1) – 2) – 3) – 4) – 5) – 6)
b.    2) – 1) – 3) – 5) -  4) – 6)
c.    3) – 4) – 5) – 1) – 2) – 3)
d.    4) – 5) – 1) – 2 ) – 3) – 6)
e.    3) – 1) – 4) – 5)  - 6) – 2)

2.      Pada percobaan “Pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan tanaman jagung”, digunakan biji jagung dengan bibit yang sama. Bibit jagung yang sama tersebut merupakan variabel ..............
a.       Terikat
b.      Bebas
c.       Kontrol
d.      Respons
e.       Manipulasi

3.      Yang termasuk data kuantitatif adalah ...............
a.    Suhu air kolam 250C
b.    Warna batang dan daun kecambah pucat
c.    Bunga sedap malam mekar pada malam hari
d.    Ekstrak daun pepaya terasa pahit
e.    Denyut jantung Ali normal

4.      Tindakan yang benar dalam pedoman keselamatan kerja di laboratorium adalah ...............
a.    Tidak memakai baju laboratorium karena udara panas
b.    Mematikan pemanas spiritus (bunsen) dengan cara ditiup
c.    Boleh minum bila merasa haus
d.    Meletakkan tas sekolah di atas meja kerja
e.    Menggunakan pipet tetes saat mengambil larutan kimia

5.      Objek material yang dikaji dalam Biologi adalah …….
a.       Makhluk hidup dan benda mati          
b.      Makhluk hidup dan jasad renik
c.       Makroorganisme dan mikroorganisme
d.      Makhluk hidup dan yang pernah hidup
e.       Makhluk hidup dan lingkungannya

6.      Menurut sistem lima kingdom, makhluk hidup dibagi menjadi sebagai berikut …….
a.    Plantae, Animalia, Monera, Eubacteria, Archaebacteria
b.    Plantae, Animalia, Protista, Fungi, Bacteri   
c.    Plantae, Animalia, Fungi, Protista, Monera
d.    Plantae, Animalia, Bakteri, Eubacteria, Protista
e.    Plantai, Animalia, Archaebacteria, Eubacteria, Fungi

7.        Niken kemarin jatuh karena ditabrak pengendara sepeda motor, kulit kakinya luka hingga berdarah. Selang tiga hari luka tadi  mengering karena lukanya hanya terjadi pada sekumpulan sel yang ada dibawah kulit. Bagian yang luka itu termasuk …….
a.    Individu                                                       d. Organ
b.    Populasi                                                       e. Jaringan
c.    Sistem organ

8.        Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang tertinggi sampai yang terrendah adalah …….
a.    Bioma, ekosistem, komunitas, populasi, organisme organ, jaringan, sel
b.    Bioma, ekosistem, populasi, individu, sistem organ, organ, sel, jaringan
c.    Bioma, ekosistem, komunitas, populasi, individu, sistem organ, organ, jaringan, sel
d.    Bioma, ekosistem, populasi, individu, sistem organ, organ, sel, jaringan
e.    Biosfer, bioma, komunitas, individu, sistem organ, organ, jaringan, sel

9.        Benalu yang hidup di pohon mangga dan cacing pita yang hidup di dalam usus manusia dapat kita pelajari dalam cabang Biologi, yaitu ……..
a.    Virologi                                                        d. Patologi
b.    Bakteriologi                                                  e. Sanitasi
c.    Parasitologi

10.    Akhir-akhir ini di Afrika terjadi wabah penyakit Ebola.  Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang Biologi yang disebut …….
a.    Virologi                                                        d. Patologi
b.    Bakteriologi                                                  e. Sanitasi
c.    Parasitologi

11.    Felis catus (kucing rumah) dan Felis silvestris (kucing liar) merupakan keanekaragaman hayati tingkat ................
a.    Plasma nutfah
b.    Gen
c.    Jenis
d.    Spesies
e.    Ekosistem

12.    Perhatikan tingkatan takson berikut.
1)      Spesies
2)      Filum
3)      Kingdom
4)      Divisi
5)      Kelas
6)      Genus
7)      Ordo
8)      Varietas
9)      Famili

Urutan tingkatan takson mulai dari yang tertinggi hingga tingkatan terendah pada tumbuhan adalah ..........
a.    1) – 2) – 3) – 4) – 5) – 6) – 7) – 8)
b.    3) – 4) – 5) – 7) – 9) – 6) – 1) – 8)
c.    2) – 4) – 6) – 8) – 9) – 7) – 5) – 3)
d.    3) – 2) – 5) – 7) – 9) – 6) – 1) -  8)
e.    8) – 1) – 6) – 9) – 7) – 5) – 2) – 3)


13.    Penulisan nama ilmiah yang benar untuk spesies tanaman berikut adalah ...........







a.    gossypium obtusifolium
b.    Gossypium Obtusifolium
c.    Gossypium obtusifolium
d.    GOSSYPIUM OBTUSIFOLIUM
e.    Gossypium obtusifolium

14.    Berikut adalah nama ilmiah beberapa tumbuhan.
1)      Solanum tuberosum
2)      Piper nigrum
3)      Coleus tuberosum
4)      Piper betle

Makhluk hidup yang kekerabatannya paling dekat adalah nomor ..........
a.    1) dan 2)
b.    3) dan 4)
c.    1) dan 3)
d.    2) dan 3)
e.    2) dan 4)

15.    Tumbuhan orang-aring (Tridax procumbens) , mangkokan, pandan, minyak kelapa, dan lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan ..............
a.    Parfum
b.    Penghitam rambut
c.    Pencuci kain batik
d.    Penghalus kulit
e.    Pemerah kuku


16.    Berikut ini adalah ciri-ciri suatu organisme.
-       Belum dapat dikatakan sebuah sel
-       Hanya mempunyai  materi genetik DNA atau RNA saja
-       Tubuhnya diselaputi selubung protein
-       Tidak dapat melakukan metabolisme sendiri

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, organisme yang dimaksud adalah …….
a.    Lumut                                                          d. Alga biru
b.    Jamur                                                           e. virus
c.    Bakteri

17.    Perhatikan gambar struktur tubuh virus bakteriofage berikut !

1
2
3
4
 


Bagian tubuh virus yang mampu melakukan pembentukan zat penyusun tubuh virus baru adalah yang bernomor …….
a.    1                                                                   d. 4
b.    2                                                                   e. 1 dan 2
c.    3

18.    Pada gambar soal nomor 17 yang ditunjuk nomor 4 adalah …….
a.    Ekor                                                             d. serabut ekor
b.    Kapsid                                                          e. kepala
c.    Selubung ekor


19.   

 
















Berdasarkan gambar daur hidup virus, fase X,Y, dan Z secara berurutan adalah …….

a.    Penetrasi, absorpsi, sintesis                          d. absorpsi, replikasi, lisis
b.    Penetrasi, lisis, sintesis                                 e. penetrasi, replikassi, lisis
c.    Sintesis, replikasi, absorpsi

20.    Jenis penyakit  yang disebabkan oleh virus adalah …….
a.    Tifus                                                            d. tuberculosa
b.    Kolera                                                          e. disentri
c.    Influenza

21.    Pasangan penyakit yang disebabkan oleh virus yang tidak benar adalah …….
a.    AIDS – HIV                                                 d. Herpes – Herpes zoster
b.    Hepatitis – Hepatitis virus                            e. Campak – Paramyxovirus
c.    Tetanus – Clostridium tetani

22.    Virus hanya mampu berkembang biak pada tubuh makhluk hidup. Untuk membiakkan virus, kultur yang paling sesuai adalah …….
a.    Embrio ayam hidup                                      d. Kaldu steril
b.    Tikus mati                                                    e. Garam fisiologi yang steril
c.    Medium agar-agar

23.    Urutan mekanisme reproduksi virus yang benar adalah ...........
a.    Adsorpsi – penetrasi – eklifase – pematangan – lisis
b.    Lisis – penetrasi – pematangan – eklifase – adsorpsi
c.    Pematangan – lisis – penetrasi – eklifase – adsorpsi
d.    Adsorpsi – penetrasi – pematangan – eklifase – lisis
e.    Penetrasi – eklifase – pematangan – lisis – adsorpsi

24.    Kingdom Archaebacteria dan Eubacteria memiliki ciri utama bersifat ............
a.    Eukariotik
b.    Prokariotik
c.    Anaerob
d.    Memiliki pigmen
e.    Saprofit


Untuk menjawab soal nomor 27 dan nomor 28, perhatikan gambar berikut !
1
2
3
4
5


 
 




25.    Bagian tubuh bakteri yang berfungsi sebagai pusat aktivitas sel ditunjukkan nomor …….
a.    1                                                                   d. 4
b.    2                                                                   e. 5
c.    3

26.    Flagel ditunjukkan oleh gambar pada nomor …….
a.    1                                                                   d. 4
b.    2                                                                   e. 5
c.    3

27.    Archaebacteria yang halophiles banyak ditemukan dilingkungan yang …….
a.    Memproduksi methan                                  d. sangat lembab
b.    Berkadar garam tinggi                                  e. sejuk
c.    Mempunyai suhu tinggi

28.    Perbedaan antara Archaebacteria dengan Eubacteria yang benar adalah …….
a.    Bakteri bersifat gram positif, sedang Archaebacteria bersifat gram negatif
b.    Archaebacteria bersifat gram positif, sedang Eubacteria bersifat gram negatif
c.    Dinding sel Eubacteria tidak mengandung protein, sedang Archaebacteria memiliki
d.    Dinding sel Archaebacteria tidak mengandung peptidoglikan, sedang Eubacteria memiliki
e.    Dinding sel Eubacteria tidak mengandung peptidoglikan , sedang Archaebacteria memiliki

29.    Gambaran bakteri streptokokus yang benar adalah …….
a.    Berbentuk batang yang bergandengan seperti rantai
b.    Berbentuk bulat yang bergandengan seperti rantai
c.    Berbentuk batang yang bergandengan dua-dua
d.    Berbentuk bulat yang bergandengan dua-dua
e.    Berbentuk bulat yang tersusun empat-empat dalam bentuk bujur sangkar

30.    Bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit tertentu adalah …….
a.    Clostridium tetani, penyebab penyakit tetanus
b.    Vibrio coma, penyebab penyakit lepra
c.    Treponnema pallidum, penyebab penyakit tifus
d.    Neisseria gonorhoeae, penyebab penyakit sifilis
e.    Diplococus pneumoniae, penyebab penyakit disentri

31.    Dua contoh bakteri yang mempunyai peranan dalam bidang pertanian adalah …….
a.    Clostridium dan Streptomyces                      d. Azotobacter dan Pseudomonas
b.    Azotobacter dan Rhizobium                          e. Rhizobium dan Pseudomonas
c.    Rhizobium dan Streptomyces

32.    Peranan ganggang dalam ekosistem antara lain sebagai perintis sebab …….
a.    Dapat mengubah lingkungan sehingga organisme lain dapat hidup
b.    Sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lain
c.    Dapat hidup di tempat yang tidak menguntungkan
d.    Dapat hidup ditempat yang kering
e.    Merupakan tumbuhan kecil yang berhijau daun

33.    Pada uji laboratorium terhadap feses manusia, ditemukan mikroorganisme  uniseluler tidak berklorofil, berrambut getar, dan menyebabkan diare. Organisme tersebut adalah ................
a.    Paramaecium caudatum
b.    Balantidium coli
c.    Stentor roeseli
d.    Didinium
e.    Vorticella
34.    Protozoa dan alga termasuk ke dalam kingdom Protista. Namun Protozoa berbeda dengan alga, karena alga bersifat ...........
a.    Heterotrof
b.    Fotoautotrof
c.    Eukariotik
d.    Kemoautotrof
e.    Tidak memiliki alat gerak

35.    Ganggang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan agar-agar adalah .............
a.    Eucheuma spinosum
b.    Macrocytis
c.    Laminaria
d.    Fucus
e.    Chlerella

36.    Dalam usaha  manusia mencari sumber makanan baru, ternyata Chlorella mendapat perhatian yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Chlorella mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dan mudah berfotosintesis. Chlorella termasuk golongan ..........
a.       Chrysophyta
b.      Cyanophyta
c.       Chlorophyta
d.      Rodhophyta
e.       Paeophyta

37.    Penyusunan klasifikasi alga dibuat berdasarkan …….
a.    Bentuk spora                                                d. cara berkembang biak
b.    Tempat hidupnya                                         e. cara memperoleh makanan
c.    Pigmentasi

38.    Perhatikan ciri-ciri hewan Protozoa berikut ini.
1)   Tidak mempunyai rangka                             3) hidup soliter atau berkoloni
2)   Mempunyai bulu cambuk                            4) ada yang mempunyai klorofil
Hewan Protozoa di atas termasuk kelas …….
a.    Rhizopoda                                                    d. Flagellata
b.    Ciliata                                                           e. Sporozoa
c.    Sarcodina 

39.    Dalam tubuh manusia reproduksi aseksual Plasmodium berlangsung di dalam …….
a.    Plasma darah                                                d. leukosit
b.    Pembuluh darah                                           e. eritrosit
c.    Trombosit

40.    Bersamaan dengan keluarnya cairan ludah nyamuk saat mengisap darah manusia maka ada kemungkinan masuknya Plasmodium ke dalam tubuh manusia, yaitu dalam bentuk …….

a.    Sporozoit        
b.    Tropozoit                                                    
c.    Merozoit
d.    Ookinet
e.    gametosit


II. JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN SINGKAT DAN JELAS !


41.    Jelaskan bagaimana bila ada alat-alat laboratorium dari kaca pecah dan mengenai bagian tubuh anda ?
42.    Diketahui rumusan masalah berikut :
“Pengaruh pupuk organik terhap pertumbuhan tanaman cabe”.
Tentukan masing-masing :
a.    Variabel kontrol
b.    Variabel bebas
c.    Variabel terikat
43.    Jelaskan faktor yang menyebabkan keanekaragaman hayati tingkat gen !
44.    Mengapa kingdom Protista digolongkan ke dalam golongan eukariotik ?
45.    Mengapa Anabaena azollae yang bersimbiosis dengan akar tanaman dapat menyuburkan tanah ? Jelaskan !



0 Response to "SOAL BIOLOGI KELAS 10 SMA/MA"

Post a Comment