SOAL BIOLOGI KELAS 10 SMA/MA
Warta Madrasah - Sahabat Warta Madrasah tentunya kita sebagai peserta didik membutuhkan berbagai macam latihan soal, salah satunya pada mata pelajaran biologi, berikut sedikit latihan soal biologi yang bisa sahabat sekalian coba
1. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah.
1) Mengumpulkan data
2) Membuat kesimpulan
3) Menemukan dan merumuskan masalah
4) Menyusun hipotesis
5) Melakukan percobaan
6) Mengolah hasil percobaan
Urutan
langkah metode ilmiah yang benar adalah ..............
a. 1) – 2) – 3) – 4) – 5) – 6)
b. 2) – 1) – 3) – 5) -
4) – 6)
c. 3) – 4) – 5) – 1) – 2) – 3)
d. 4) – 5) – 1) – 2 ) – 3) – 6)
e. 3) – 1) – 4) – 5)
- 6) – 2)
2. Pada percobaan “Pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan
tanaman jagung”, digunakan biji jagung dengan bibit yang sama. Bibit jagung
yang sama tersebut merupakan variabel ..............
a. Terikat
b. Bebas
c. Kontrol
d. Respons
e. Manipulasi
3. Yang termasuk data kuantitatif adalah ...............
a. Suhu air kolam 250C
b. Warna batang dan daun kecambah pucat
c. Bunga sedap malam mekar pada malam hari
d. Ekstrak daun pepaya terasa pahit
e. Denyut jantung Ali normal
4. Tindakan yang benar dalam pedoman keselamatan kerja di
laboratorium adalah ...............
a. Tidak memakai baju laboratorium karena udara panas
b. Mematikan pemanas spiritus (bunsen) dengan cara ditiup
c. Boleh minum bila merasa haus
d. Meletakkan tas sekolah di atas meja kerja
e. Menggunakan pipet tetes saat mengambil larutan kimia
5. Objek
material yang dikaji dalam Biologi adalah …….
a. Makhluk
hidup dan benda mati
b. Makhluk
hidup dan jasad renik
c. Makroorganisme
dan mikroorganisme
d. Makhluk
hidup dan yang pernah hidup
e. Makhluk
hidup dan lingkungannya
6.
Menurut sistem lima kingdom, makhluk hidup dibagi menjadi
sebagai berikut …….
a. Plantae, Animalia, Monera,
Eubacteria, Archaebacteria
b. Plantae, Animalia, Protista,
Fungi, Bacteri
c. Plantae, Animalia, Fungi,
Protista, Monera
d. Plantae, Animalia, Bakteri,
Eubacteria, Protista
e. Plantai,
Animalia, Archaebacteria, Eubacteria, Fungi
7.
Niken kemarin jatuh karena
ditabrak pengendara sepeda motor,
kulit kakinya luka hingga berdarah. Selang tiga hari luka tadi mengering karena lukanya hanya terjadi pada sekumpulan
sel yang ada
dibawah kulit. Bagian yang luka itu termasuk …….
a. Individu d.
Organ
b. Populasi e.
Jaringan
c. Sistem organ
8.
Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang tertinggi sampai yang terrendah adalah …….
a. Bioma, ekosistem, komunitas, populasi, organisme organ,
jaringan, sel
b. Bioma, ekosistem, populasi, individu, sistem organ,
organ, sel, jaringan
c. Bioma, ekosistem, komunitas, populasi, individu, sistem
organ, organ, jaringan, sel
d. Bioma, ekosistem, populasi, individu, sistem organ,
organ, sel, jaringan
e. Biosfer, bioma, komunitas, individu, sistem organ, organ,
jaringan, sel
9.
Benalu yang hidup di pohon mangga dan cacing pita
yang hidup di dalam usus manusia dapat kita pelajari dalam cabang Biologi,
yaitu ……..
a. Virologi d.
Patologi
b. Bakteriologi
e.
Sanitasi
c. Parasitologi
10. Akhir-akhir ini di Afrika terjadi wabah penyakit Ebola. Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang
Biologi yang disebut …….
a. Virologi d.
Patologi
b. Bakteriologi e.
Sanitasi
c. Parasitologi
11. Felis catus (kucing rumah) dan Felis
silvestris (kucing liar) merupakan keanekaragaman hayati tingkat
................
a.
Plasma
nutfah
b.
Gen
c.
Jenis
d.
Spesies
e.
Ekosistem
12. Perhatikan tingkatan takson berikut.
1) Spesies
2) Filum
3) Kingdom
4) Divisi
5) Kelas
6) Genus
7) Ordo
8) Varietas
9) Famili
Urutan
tingkatan takson mulai dari yang tertinggi hingga tingkatan terendah pada
tumbuhan adalah ..........
a. 1) – 2) – 3) – 4) – 5) – 6) – 7) – 8)
b. 3) – 4) – 5) – 7) – 9) – 6) – 1) – 8)
c. 2) – 4) – 6) – 8) – 9) – 7) – 5) – 3)
d. 3) – 2) – 5) – 7) – 9) – 6) – 1) - 8)
e. 8) – 1) – 6) – 9) – 7) – 5) – 2) – 3)
13. Penulisan nama ilmiah yang benar untuk spesies tanaman
berikut adalah ...........
a.
gossypium
obtusifolium
b.
Gossypium
Obtusifolium
c.
Gossypium
obtusifolium
d.
GOSSYPIUM
OBTUSIFOLIUM
e.
Gossypium
obtusifolium
14. Berikut adalah nama ilmiah beberapa tumbuhan.
1) Solanum tuberosum
2) Piper nigrum
3) Coleus tuberosum
4) Piper betle
Makhluk
hidup yang kekerabatannya paling dekat adalah nomor ..........
a.
1) dan 2)
b.
3) dan 4)
c.
1) dan 3)
d.
2) dan 3)
e.
2) dan 4)
15. Tumbuhan orang-aring (Tridax procumbens) ,
mangkokan, pandan, minyak kelapa, dan lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan
..............
a.
Parfum
b.
Penghitam
rambut
c.
Pencuci kain
batik
d.
Penghalus
kulit
e.
Pemerah kuku
16. Berikut ini
adalah ciri-ciri suatu organisme.
- Belum dapat
dikatakan sebuah sel
- Hanya
mempunyai materi genetik DNA atau RNA
saja
- Tubuhnya
diselaputi selubung protein
- Tidak dapat
melakukan metabolisme sendiri
Berdasarkan
ciri-ciri tersebut, organisme yang dimaksud adalah …….
a. Lumut d.
Alga biru
b. Jamur e.
virus
c. Bakteri
17. Perhatikan
gambar struktur tubuh virus bakteriofage berikut !
|
Bagian tubuh virus yang mampu
melakukan pembentukan zat penyusun tubuh virus baru adalah yang bernomor …….
a. 1 d.
4
b. 2 e.
1 dan 2
c. 3
18. Pada gambar
soal nomor 17
yang ditunjuk nomor 4 adalah …….
a. Ekor d.
serabut ekor
b. Kapsid e.
kepala
c. Selubung
ekor
19.
Berdasarkan gambar daur hidup
virus, fase X,Y, dan Z secara berurutan adalah …….
a.
Penetrasi, absorpsi, sintesis d. absorpsi, replikasi, lisis
b.
Penetrasi, lisis, sintesis e. penetrasi, replikassi, lisis
c.
Sintesis, replikasi, absorpsi
20. Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus adalah …….
a. Tifus d.
tuberculosa
b. Kolera e.
disentri
c. Influenza
21. Pasangan
penyakit yang disebabkan oleh virus yang tidak
benar adalah …….
a. AIDS – HIV d.
Herpes – Herpes zoster
b.
Hepatitis – Hepatitis
virus e.
Campak – Paramyxovirus
c.
Tetanus – Clostridium
tetani
22. Virus hanya mampu berkembang biak pada tubuh makhluk
hidup. Untuk
membiakkan virus, kultur yang paling sesuai adalah …….
a. Embrio ayam
hidup d.
Kaldu steril
b. Tikus mati e.
Garam fisiologi yang steril
c. Medium
agar-agar
23. Urutan mekanisme reproduksi virus yang benar adalah
...........
a. Adsorpsi – penetrasi – eklifase – pematangan – lisis
b. Lisis – penetrasi – pematangan – eklifase – adsorpsi
c. Pematangan – lisis – penetrasi – eklifase – adsorpsi
d. Adsorpsi – penetrasi – pematangan – eklifase – lisis
e. Penetrasi – eklifase – pematangan – lisis – adsorpsi
24. Kingdom Archaebacteria dan Eubacteria memiliki ciri utama
bersifat ............
a. Eukariotik
b. Prokariotik
c. Anaerob
d. Memiliki pigmen
e. Saprofit
Untuk menjawab soal nomor 27 dan nomor 28, perhatikan gambar berikut !
|
25. Bagian tubuh
bakteri yang berfungsi sebagai pusat aktivitas sel ditunjukkan nomor …….
a. 1 d.
4
b. 2 e.
5
c. 3
26. Flagel
ditunjukkan oleh gambar pada nomor …….
a. 1 d.
4
b. 2 e.
5
c. 3
27. Archaebacteria
yang halophiles banyak ditemukan dilingkungan yang …….
a. Memproduksi
methan d.
sangat lembab
b. Berkadar
garam tinggi e.
sejuk
c. Mempunyai
suhu tinggi
28. Perbedaan
antara Archaebacteria dengan Eubacteria yang benar adalah …….
a. Bakteri
bersifat gram positif, sedang Archaebacteria bersifat gram negatif
b. Archaebacteria
bersifat gram positif, sedang Eubacteria bersifat gram negatif
c. Dinding sel
Eubacteria tidak mengandung protein, sedang Archaebacteria memiliki
d. Dinding sel
Archaebacteria tidak mengandung peptidoglikan, sedang Eubacteria memiliki
e. Dinding sel
Eubacteria tidak mengandung peptidoglikan , sedang Archaebacteria memiliki
29. Gambaran
bakteri streptokokus yang benar adalah …….
a. Berbentuk
batang yang bergandengan seperti rantai
b. Berbentuk
bulat yang bergandengan seperti rantai
c. Berbentuk
batang yang bergandengan dua-dua
d. Berbentuk
bulat yang bergandengan dua-dua
e. Berbentuk
bulat yang tersusun empat-empat dalam bentuk bujur sangkar
30. Bakteri
patogen yang dapat menyebabkan penyakit tertentu adalah …….
a. Clostridium tetani, penyebab penyakit tetanus
b. Vibrio coma, penyebab penyakit lepra
c. Treponnema pallidum, penyebab penyakit tifus
d. Neisseria gonorhoeae, penyebab penyakit sifilis
e. Diplococus pneumoniae, penyebab penyakit disentri
31. Dua contoh
bakteri yang mempunyai peranan dalam bidang pertanian adalah …….
a. Clostridium dan Streptomyces d. Azotobacter dan Pseudomonas
b. Azotobacter dan Rhizobium e. Rhizobium dan Pseudomonas
c. Rhizobium dan
Streptomyces
32. Peranan ganggang
dalam ekosistem antara lain sebagai perintis sebab …….
a. Dapat
mengubah lingkungan sehingga organisme lain dapat hidup
b. Sebagai
sumber makanan bagi makhluk hidup lain
c. Dapat hidup
di tempat yang tidak menguntungkan
d. Dapat hidup
ditempat yang kering
e. Merupakan
tumbuhan kecil yang berhijau daun
33. Pada uji laboratorium terhadap feses manusia, ditemukan
mikroorganisme uniseluler tidak
berklorofil, berrambut getar, dan menyebabkan diare. Organisme tersebut adalah
................
a. Paramaecium caudatum
b. Balantidium coli
c. Stentor roeseli
d. Didinium
e. Vorticella
34. Protozoa dan alga termasuk ke dalam kingdom Protista.
Namun Protozoa berbeda dengan alga, karena alga bersifat ...........
a. Heterotrof
b. Fotoautotrof
c. Eukariotik
d. Kemoautotrof
e. Tidak memiliki alat gerak
35. Ganggang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan agar-agar
adalah .............
a. Eucheuma spinosum
b. Macrocytis
c. Laminaria
d. Fucus
e. Chlerella
36. Dalam usaha
manusia mencari sumber makanan baru, ternyata Chlorella mendapat
perhatian yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Chlorella mempunyai kandungan
protein yang cukup tinggi dan mudah berfotosintesis. Chlorella termasuk
golongan ..........
a. Chrysophyta
b. Cyanophyta
c. Chlorophyta
d. Rodhophyta
e. Paeophyta
37. Penyusunan
klasifikasi alga dibuat berdasarkan …….
a. Bentuk spora d.
cara berkembang biak
b. Tempat
hidupnya e.
cara memperoleh makanan
c. Pigmentasi
38. Perhatikan
ciri-ciri hewan Protozoa berikut ini.
1) Tidak mempunyai
rangka 3)
hidup soliter atau berkoloni
2) Mempunyai
bulu cambuk 4)
ada yang mempunyai klorofil
Hewan Protozoa di atas termasuk
kelas …….
a. Rhizopoda d.
Flagellata
b. Ciliata e.
Sporozoa
c. Sarcodina
39. Dalam tubuh
manusia reproduksi aseksual Plasmodium berlangsung
di dalam …….
a. Plasma darah d.
leukosit
b. Pembuluh
darah e.
eritrosit
c. Trombosit
40. Bersamaan
dengan keluarnya cairan ludah nyamuk saat mengisap darah manusia maka ada
kemungkinan masuknya Plasmodium ke
dalam tubuh manusia, yaitu dalam bentuk …….
a. Sporozoit
b. Tropozoit
c. Merozoit
d. Ookinet
e. gametosit
II. JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT
DENGAN SINGKAT DAN JELAS !
41.
Jelaskan bagaimana bila ada alat-alat laboratorium dari kaca pecah dan mengenai
bagian tubuh anda ?
42. Diketahui rumusan masalah berikut :
“Pengaruh
pupuk organik terhap pertumbuhan tanaman cabe”.
Tentukan
masing-masing :
a. Variabel kontrol
b. Variabel bebas
c. Variabel terikat
43.
Jelaskan faktor yang menyebabkan keanekaragaman hayati tingkat gen !
44.
Mengapa kingdom Protista digolongkan ke dalam golongan eukariotik ?
45.
Mengapa Anabaena azollae yang bersimbiosis dengan akar tanaman dapat
menyuburkan tanah ? Jelaskan !
0 Response to "SOAL BIOLOGI KELAS 10 SMA/MA"
Post a Comment