Desain Strategi Pemasaran

Desain Strategi Pemasaran
    Warta Madrasah - Sahabat warta madrasah pada kesempatan ini kita akan mengkaji tentang Desain Strategi Pemasaran
a.   Segmentasi (Segmenting)
Segmenting adalah cara memandang suatu pasar menjadi beberapa pasar secara kreatif, pemetaan suatu pasar, sampai suatu seni untuk mengidentifikasikan dan menggambarkan dengan tepat kesempatan yang berkembang di pasar. Segmentasi pasar yaitu kemampuan untuk memilah, mengelompokkan, serta mendiagnosa sistem yang ada sehingga lahir satu kesepakatanuntuk melangkah pada tujuan dari pemasaran ini.[1]
Dalam melakukan segmentasi pasar ada empat langkah yang harus diambil sebagai berikut:
1)  Mengidentifikasikan perangkat kebutuhan produk
2)  Mengelompokkan konsumen yang memliki perangkat kebutuhan yang serupa.
3)  Mendeskripsikan setiap kelompok
4)  Memlilih satu atau lebih segmen yang akan dillayani.
b.   Targeting (Menentukan Pasar Sasaran)
Targeting adalah langkah untuk memilih satu atau lebih segmen yang dapat dilayani dengan baik, sehingga semua usaha pemasaran dapat difokuskanpada segmen ini untuk keuntungan yang menjanjikan. Perusahaan dapat melayani segmen sasaran dengan baik bila kiat-kiat yang dirancang sesuai dengan kemampuan perusahaan itu.
Penetapan pasar sasaran artinya memilih konsumen yang akan dilayani manajemen dalam pasar produk. Jika kebutuhan dan keinginan pembeli bervariasi, maka pasar sasaran biasanya terdiri atas satu atau lebih. Dalam hal ini perusahaan telah diidentifikasi dan ditentukan keunggulannya. Strategi penetapan sasaran dipengaruhi oleh kematangan pasar. Dengan keanekaragaman kebutuhan dan preferensi pembeli, ukuran perusahaan dibanding pesaingnya, sumber daya dan prioritas perusahaan, serta besarnya pasar yang diperlukan untuk mencapai keadaan keuangan yang menguntungkan.[2]
c.  Positiong
Positioning didefinisikan sebagai strategi untuk menguak, mempelajari, memahami dan pada akhirnya menilai kondisi emosional konsumen dengan apa yang ditawarkan oleh perusahaan. Bisa juga diartikan positioning sebagai strategi untuk mengarahkan pelanggan secara kredibel. Positioning adalah  tenteng bagaimana rasa kepercayaan, percaya diri, dan kompetensi untuk pelanggan. Jika perusahaan mampu menghadirkan kondisi tersebut maka pelanggan akan merasakan kehadiran perusahaan dan produk yang ditawarkan.[3]




[1]Ekawati Rahayu Ningsih, Op.Cit, hlm.3
[2] David W.Craves, Pemasaran Strategis, Erlangga, Jakarta, 1996, hlm.82-85
[3] Ibid, hlm.23

0 Response to "Desain Strategi Pemasaran"

Post a Comment