Desain Strategi Pemasaran
Warta Madrasah - Sahabat warta madrasah pada kesempatan ini kita akan mengkaji tentang Desain Strategi Pemasaran
a.
Segmentasi (Segmenting)
Segmenting adalah cara memandang suatu
pasar menjadi beberapa pasar secara kreatif, pemetaan suatu pasar, sampai suatu
seni untuk mengidentifikasikan dan menggambarkan dengan tepat kesempatan yang
berkembang di pasar. Segmentasi pasar yaitu kemampuan untuk memilah,
mengelompokkan, serta mendiagnosa sistem yang ada sehingga lahir satu
kesepakatanuntuk melangkah pada tujuan dari pemasaran ini.[1]
Dalam melakukan segmentasi pasar ada
empat langkah yang harus diambil sebagai berikut:
1) Mengidentifikasikan
perangkat kebutuhan produk
2) Mengelompokkan
konsumen yang memliki perangkat kebutuhan yang serupa.
3) Mendeskripsikan
setiap kelompok
4) Memlilih
satu atau lebih segmen yang akan dillayani.
b.
Targeting (Menentukan Pasar Sasaran)
Targeting adalah langkah untuk memilih
satu atau lebih segmen yang dapat dilayani dengan baik, sehingga semua usaha
pemasaran dapat difokuskanpada segmen ini untuk keuntungan yang menjanjikan.
Perusahaan dapat melayani segmen sasaran dengan baik bila kiat-kiat yang
dirancang sesuai dengan kemampuan perusahaan itu.
Penetapan pasar sasaran artinya memilih
konsumen yang akan dilayani manajemen dalam pasar produk. Jika kebutuhan dan
keinginan pembeli bervariasi, maka pasar sasaran biasanya terdiri atas satu
atau lebih. Dalam hal ini perusahaan telah diidentifikasi dan ditentukan
keunggulannya. Strategi penetapan sasaran dipengaruhi oleh kematangan pasar.
Dengan keanekaragaman kebutuhan dan preferensi pembeli, ukuran perusahaan
dibanding pesaingnya, sumber daya dan prioritas perusahaan, serta besarnya
pasar yang diperlukan untuk mencapai keadaan keuangan yang menguntungkan.[2]
c. Positiong
Positioning didefinisikan sebagai strategi untuk menguak,
mempelajari, memahami dan pada akhirnya menilai kondisi emosional konsumen
dengan apa yang ditawarkan oleh perusahaan. Bisa juga diartikan positioning
sebagai strategi untuk mengarahkan pelanggan secara kredibel. Positioning
adalah tenteng bagaimana rasa
kepercayaan, percaya diri, dan kompetensi untuk pelanggan. Jika perusahaan
mampu menghadirkan kondisi tersebut maka pelanggan akan merasakan kehadiran
perusahaan dan produk yang ditawarkan.[3]
0 Response to "Desain Strategi Pemasaran"
Post a Comment