Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan

Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
Warta Madrasah - Sahabat warta madrasah sebagai bentuk partisipasi kami dalam menyukseskan akreditasi di madrasah berikut kami sajikan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Ada juga versi Ms. Wordnya.

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 19 TAHUN 2007
TENTANG STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN
OLEH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang :
bahwa dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
Mengingat :
1.     Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
2.     Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
3.     Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;
4.     Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun 2005;

MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.
Pasal 1
(1)   Setiap satuan pendidikan wajib memenuhi standar pengelolaan pendidikan yang berlaku secara nasional.
(2)   Standar pengelolaan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri ini.
Pasal 2
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan

Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 23 Mei 2007
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
BAMBANG SUDIBYO
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 19 TAHUN 2007 TANGGAL 23 MEI 2007
STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN
OLEH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

A. PERENCANAAN PROGRAM
1. Visi Sekolah/Madrasah
  1. Sekolah/Madrasah merumuskan dan menetapkan visi serta mengembangkannya.
  2. Visi sekolah/madrasah:
1)     dijadikan sebagai cita-cita bersama warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang;
2)     mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sekolah/ madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan;
3)     dirumuskan berdasar masukan dari berbagai warga sekolah/madrasah dan pihak-pihak yang berkepentingan, selaras dengan visi institusi di nrfiH'kan atasnya serta visi pendidikan nasional;
4)     diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah/ madrasah dengan memperhatikan masukan komite sekolah/madrasah;
5)     disosialisasikan kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan;
6)     ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tantangan di masyarakat.

2. Misi Sekolah/Madrasah
a.    Sekolah/Madrasah merumuskan dan menetapkan misi serta mengembangkannya
b.    Misi sekolah/madrasah:
1)     memberikan arah dalam mewujudkan visi sekolah/madrasah sesuai I dengan tujuan pendidikan nasional;
2)     merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu;
3)     menjadi dasar program pokok sekolah/madrasah;
4)     menekankan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh sekolah/madrasah;
5)     memuat pernyataan umum dan khusus yang berkaitan dengan program sekolah/madrasah;
6)     memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan kegiatan satuan-satuan unit sekolah/madrasah yang terlibat;
7)     dirumuskan berdasarkan masukan dari segenap pihak yang berkepentingan termasuk komite sekolah/madrasah dan diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah;
8)     disosialisasikan kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan;
9)     ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tantangan di masyarakat.

3. Tujuan Sekolah/Madrasah
a.   Sekolah/Madrasah merumuskan dan menetapkan tujuan serta mengembangkannya.
b.   Tujuan sekolah/madrasah:
1)     menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empattahunan);
2)     mengacu pada visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat;
3)     mengacu pada standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan oleh sekolah/madrasah dan Pemerintah;
4)     mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan termasuk komite sekolah/madrasah dan diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah;
5)     disosialisasikan kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan.

4. Rencana Kerja Sekolah/Madrasah
a.   Sekolah/Madrasah membuat:
1)    rencana kerja jangka menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan;
2)    rencana kerja tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.
b.   Rencana kerja jangka menengah dan tahunan sekolah/madrasah:
1)    disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah/madrasah dan disahkan berlakunya oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Pada sekolah/madrasah swasta rencana kerja ini disahkan berlakunya oleh penyelenggara sekolah/madrasah;
2)    dituangkan dalam dokumen yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.
c.    Rencana kerja empat tahun dan tahunan disesuaikan dengan persetujuan rapat dewan pendidik dan pertimbangan komite sekolah/madrasah.
d.   Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
e.   Rencana kerja tahunan memuat ketentuan yang jelas mengenai:
1)    kesiswaan;
2)    kurikulum dan kegiatan pembelajaran;
3)    pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya;
4)    sarana dan prasarana;
5)    keuangan dan pembiayaan;
6)    budaya dan lingkungan sekolah;
7)    peranserta masyarakat dan kemitraan;
8)    rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.

B. PELAKSANAAN RENCANA KERJA
1. Pedoman Sekolah/Madrasah
  1. Sekolah/Madrasah membuat dan memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.
  2. Perumusan pedoman sekolah/madrasah:
1)    mempertimbangkan visi, misi dan tujuan sekolah/madrasah;
2)    ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan masyarakat.
  1. Pedoman pengelolaan sekolah/madrasah meliputi:
1)    kurikulum tingkat saruan pendidikan (KTSP);
2)    kalender pendidikan/akademik;
3)    struktur organisasi sekolah/madrasah;
4)    pembagian tugas di antara guru;
5)    pembagian tugas di antara tenaga kependidikan;
6)    peraturan akademik;
7)    tata tertib sekolah/madrasah;
8)    kode etik sekolah/madrasah;
9)    biaya operasional sekolah/madrasah.
  1. Pedoman sekolah/madrasah berfungsi sebagai petunjuk pelaksanaan operasional.
  2. Pedoman pengelolaan KTSP, kalender pendidikan dan pembagian tugas pendidik dan tenaga kependidikan dievaluasi dalam skala tahunan, sementara lainnya dievaluasi sesuai kebutuhan.

2. Struktur Organisasi Sekolah/Madrasah
  1. Struktur organisasi sekolah/madrasah berisi tentang sistem penyelenggaraan dan administrasi yang diuraikan secara jelas dan transparan.
  2. Semua pimpinan, pendidik, dan tenaga kependidikan mempunyai uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas tentang keseluruhan penyelenggaraan dan administrasi sekolah/madrasah.
  3. Pedoman yang mengatur tentang Struktur organisasi sekolah/madrasah:
3)    memasukkan unsur staf administrasi dengan wewenang dan tanggungjawab yang jelas untuk menyelenggarakan administrasi secara optimal;
4)    dievatuasi secara berkala untuk melihat efektifitas mekanisme kerja pengelolaan sekolah;
5)    diputuskan oleh kepala sekolah/madrasah dengan mempertimbangkan  pendapat dari komite sekolah/madrasah.

3. Pelaksanaan Kegiatan Sekolah/Madrasah
a.   Kegiatan sekolah/madrasah:
1)     dilaksanakan berdasarkan rencana kerja tahunan;
2)     dilaksanakan oleh penanggung jawab kegiatan yang didasarkan pada ketersediaan sumber daya yang ada.
b.   Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah yang tidak sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan perlu mendapat persetujuan melalui rapat dewan pendidik dan komite sekolah/madrasah.
c.    Kepala sekolah/madrasah mempertanggungjawabkan pelaksanaan pengelolaan bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan bidang non-akademik pada rapat komite sekolah/madrasah dalam bentuk laporan pada akhir tahun ajaran yang disampaikan sebelum penyusunan rencana kerja tahunan berikutnya.

4. Bidang Kesiswaan
a.   Sekolah/Madrasah menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses penerimaan peserta didik yang meliputi:
1)     Kriteria calon peserta didik:
a)    SD/MI berusia sekurang-kurangnya enam tahun, pengecualian terhadap usia peserta didik yang kurang dari enam tahun dilakukan atas dasar rekomendasi tertulis dari pihak yang berkompeten, seperti konselor sekolah/madrasah maupun psikolog;
b)    SDLB/SMPLB/SMALB berasal dari peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, intelektual, mental, sensorik, dan/atau sosial;
c)    SMP/MTs berasal dari lulusan SD, MI, Paket A atau satuan pendidikan bentuk lainnya yang sederajat;
d)    SMA/SMK, MA/MAK berasal dari anggota masyarakat yang telah lulus dari SMP/MTs, Paket B atau satuan pendidikan lainnya yang sederajat.
2)     Penerimaan peserta didik sekolah/madrasah dilakukan:
a)    secara obyektif, transparan, dan akuntabel sebagaimana tertuang dalam aturan sekolah/madrasah;
b)    tanpa diskriminasi atas dasar pertimbangan gender, agama, etnis, status sosial, kemampuan ekonomi bagi SD/MI, SMP/MTs penerima subsidi dari Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah;
c)    berdasar kriteria hasil ujian nasional bagi SMA/SMK, MA/MAK, dan kriteria tambahan bagi SMK/MAK;
d)    sesuai dengan daya tampung sekolah/madrasah.
3)    Orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan dengan pengawasan guru.
b.   Sekolah/Madrasah:
1)    memberikan layanan konseling kepada peserta didik;
2)    melaksanakan kegiatan ekstra dan kokurikuler untuk para peserta didik;
3)    melakukan pembinaan prestasi unggulan;
4)    melakukan pelacakan terhadap alumni.

5. Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
a.   Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
1)    Sekolah/Madrasah menyusun KTSP.
2)    Penyusunan KTSP memperhatikan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan peraturan pelaksanaannya.
3)    KTSP dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah/madrasah, potensi atau karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan peserta didik.
4)    Kepala Sekolah/Madrasah bertanggungjawab atas tersusunnya KTSP.
5)    Wakil Kepala SMP/MTs dan wakil kepala SMA/SMK/MA/MAK bidang kurikulum bertanggungjawab atas pelaksanaan penyusunan KTSP.
6)    Setiap guru bertanggungjawab menyusun silabus setiap mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Panduan Penyusunan KTSP.
7)    Dalam penyusunan silabus, guru dapat bekerjasama dengan Kelompok Keija Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), atau Perguruan Tinggi.
8)    Penyusunan KTSP tingkat SD dan SMP dikoordinasi, disupervisi, dan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sedangkan SDLB, SMPLB, SMALB, SMA dan SMK oleh Dinas Pendidikan Provinsi yang bertanggungjawab di bidang pendidikan. Khusus untuk penyusunan KTSP Pendidikan Agama (PA) tingkat SD dan SMP dikoordinasi, disupervisi, dan difasilitasi oleh Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota, sedangkan untuk SDLB, SMPLB, SMALB, SMA dan SMK oleh Kantor Wilayah Departemen Agama.
9)    Penyusunan KTSP tingkat MI dan MTs dikoordinasi, disupervisi, dan difasilitasi oleh Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota, sedangkan MA dan MAK oleh Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi.
b.   Kalender Pendidikan
1)    Sekolah/Madrasah menyusun kalender pendidikan/akademik yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan hari libur.
2)    Penyusunan kalender pendidikan/akademik:
a)   didasarkan pada Standar Isi;
b)   berisi mengenai pelaksanaan aktivitas sekolah/madrasah selama satu tahun dan dirinci secara semesteran, bulanan, dan mingguan;
c)    diputuskan dalam rapat dewan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.
3)    Sekolah/Madrasah menyusun jadwal penyusunan KTSP.
4)    Sekolah/Madrasah menyusun mata pelajaran yang dijadwalkan pada semester gasal, dan semester genap.
c.    Program Pembelajaran
1)     Sekolah/Madrasah menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program pendidikan tambahan yang dipilihnya.
2)     Kegiatan pembelajaran didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan peraturan pelaksanaannya, serta Standar Proses dan Standar Penilaian.
3)     Mutu pembelajaran di sekolah/madrasah dikembangkan dengan:
a)   model kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Proses;
b)   melibatkan peserta didik secara aktif, demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreativitas, dan dialogis;
c)    tujuan agar peserta didik mencapai pola pikir dan kebebasan berpikir sehingga dapat melaksanakan aktivitas intelektual yang berupa berpikir, berargumentasi, mempertanyakan, mengkaji, menemukan, dan memprediksi;
d)   pemahaman bahwa keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses belajar yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan mendalam untuk mencapai pemahaman konsep, tidak terbatas pada materi yang diberikan oleh guru.
4)     Setiap guru bertanggungjawab terhadap mutu perencanaan kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diampunya agar peserta didik mampu:
a)   meningkat rasa ingin tahunya;
b)   mencapai keberhasilan belajarnya secara konsisten sesuai dengan tujuan pendidikan;
c)    memahami perkembangan pengetahuan dengan kemampuan mencari sumber informasi;
d)   mengolah informasi menjadi pengetahuan;
e)   menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah;
f)     mengkomunikasikan pengetahuan pada pihak lain; dan
g)    mengembangkan belajar mandiri dan kelompok dengan proporsi yang wajar.
5)     Kepala sekolah/madrasah bertanggungjawab terhadap kegiatan pembelajaran sesuai dengan peraturan yang ditetapkan Pemerintah.
6)     Kepala SD/MI/SDLB/SMPLB/SMALB, wakil kepala SMP/MTs, dan wakil kepala SMA/SMK/MA/MAK bidang kurikulum bertanggungjawab terhadap mutu kegiatan pembelajaran.
7)     Setiap guru bertanggungjawab terhadap mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diampunya dengan cara:
a)   merujuk perkembangan metode pembelajaran mutakhir;
b)   menggunakan metoda pembelajaran yang bervariasi, inovatif dan tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran;
c)    menggunakan fasilitas, peralatan, dan alat bantu yang tersedia secara efektif dan efisien;
d)   memperhatikan sifat alamiah kurikulum, kemampuan peserta didik, dan pengalaman belajar sebelumnya yang bervariasi serta kebutuhan khusus bagi peserta didik dari yang mampu belajar dengan cepat sampai yang lambat;
e)   memperkaya kegiatan pembelajaran melalui lintas kurikulum, hasil-hasil penelitian dan penerapannya;
f)     mengarahkan kepada pendekatan kompetensi agar dapat menghasilkan lulusan yang mudah beradaptasi, memiliki motivasi, kreatif, mandiri, mempunyai etos kerja yang tinggi, memahami belajar seumur hidup, dan berpikir logis dalam menyelesaikan masalah.
d.   Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
1)    Sekolah/Madrasah menyusun program penilaian hasil belajar yang berkeadilan, bertanggungjawab dan berkesinambungan.
2)    Penyusunan program penilaian hasil belajar didasarkan pada Standar Penilaian Pendidikan.
3)    Sekolah/Madrasah menilai hasil belajar untuk seluruh kelompok mata pelajaran, dan membuat catatan keseluruhan, untuk menjadi bahan program remedial, klarifikasi capaian ketuntasan yang direncanakan, laporan kepada pihak yang memerlukan, pertimbangan kenaikan kelas atau kelulusan, dan dokumentasi.
4)    Seluruh program penilaian hasil belajar disosialisasikan kepada guru.
5)    Program penilaian hasil belajar perlu ditinjau secara periodik, berdasarkan data kegagalan/kendala pelaksanaan program termasuk temuan penguji eksternal dalam rangka mendapatkan rencana penilaian yang lebih adil dan bertanggung jawab.
6)    Sekolah/Madrasah menetapkan prosedur yang mengatur transparansi sistem evaluasi hasil belajar untuk penilaian formal yang berkelanjutan.
7)    Semua guru mengembalikan hasil kerja siswa yang telah, dinilai.
8)    Sekolah/Madrasah menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional yang mengatur mekanisme penyampaian ketidakpuasan peserta didik dan penyelesaiannya mengenai penilaian hasil belajar.
9)    Penilaian meliputi semua kompetensi dan materi yang diajarkan.
10) Seperangkat metode penilaian perlu disiapkan dan digunakan secara terencana untuk tujuan diagnostik, formatif dan sumatif, sesuai dengan metode/strategi pembelajaran yang digunakan.
11) Sekolah/Madrasah menyusun ketentuan pelaksanaan penilaian hasil belajar sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan.
12) Kemajuan yang dicapai oleh peserta didik dipantau, didokumentasikan secara sistematis, dan digunakan sebagai balikan kepada peserta didik untuk perbaikan secara berkala.
13) Penilaian yang didokumentasikan disertai bukti kesahihan, keandalan, dan dievaluasi secara periodik untuk perbaikan metode penilaian.
14) Sekolah/Madrasah melaporkan hasil belajar kepada orang tua peserta didik, komite sekolah/madrasah, dan institusi di atasnya.

e.   Peraturan Akademik
1)    Sekolah/Madrasah menyusun dan menetapkan Peraturan Akademik.
2)    Peraturan Akademik berisi:
a)    persyaratan minimal kehadiran siswa untuk mengikuti pelajaran dan tugas dari guru;
b)    ketentuan mengenai ulangan, remedial, ujian, kenaikan kelas, dan kelulusan;
c)    ketentuan mengenai hak siswa untuk menggunakan fasilitas belajar, laboratorium, perpustakaan, penggunaan buku pelajaran, buku referensi, dan buku perpustakaan;
d)    ketentuan mengenai layanan konsultasi kepada guru mata pelajaran, wali kelas, dan konselor.
3)    Peraturan akademik diputuskan oleh rapat devvan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.

6. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.   Sekolah/Madrasah menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
b.   Program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan:
1)    disusun dengan memperhatikan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
2)    dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah/madrasah, termasuk pemba-gian tugas, mengatasi bila terjadi kekurangan tenaga, menentukan sistem penghargaan, dan pengembangan profesi bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta menerapkannya secara profesional, adil, dan terbuka.
c.    Pengangkatan pendidik dan tenaga kependidikan tambahan dilaksanakan ber-dasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara sekolah/madrasah.
d.   Sekolah/Madrasah perlu mendukung upaya:
1)     promosi pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan asas kemanfaatan, kepatutan, dan profesionalisme;
2)     pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan yang diidentifikasi secara sistematis sesuai dengan aspirasi individu, kebutuhan kurikulum dan sekolah/madrasah;
3)     penempatan tenaga kependidikan disesuaikan dengan kebutuhan baik jumlah maupun kualifikasinya dengan menetapkan prioritas;
4)     mutasi tenaga kependidikan dari satu posisi ke posisi lain didasarkan pada analisis jabatan dengan diikuti orientasi tugas oleh pimpinan tertinggi sekolah/madrasah yang dilakukan setelah empat tahun, tetapi bisa diperpanjang berdasarkan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, sedangkan untuk tenaga kependidikan tambahan tidak ada mutasi.
e.   Sekolah/Madrasah mendayagunakan:
1)    kepala sekolah/madrasah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pimpinan pengelolaan sekolah/madrasah;
2)    wakil kepala SMP/MTs melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah/madrasah;
3)    wakil kepala SMA/SMK, MA/MAK bidang kurikulum melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah/madrasah dalam mengelola bidang kurikulum;
4)    wakil kepala SMA/SMK, MA/MAK bidang sarana prasarana melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah/madrasah dalam mengelola sarana prasarana;
5)    wakil kepala SMA/SMK, MA/MAK bidang kesiswaan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah/madrasah dalam mengelola peserta didik;
6)    wakil kepala SMK bidang hubungan industri melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah/madrasah dalam mengelola kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri;
7)    guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai agsn pembelajaran yang memotivasi, memfasilitasi, mendidik, membimbing, dan melatih peserta didik sehingga menjadi manusia berkualitas dan mampu mengaktualisasikan potensi kemanusiaannya secara optimum;
8)    konselor melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik;
9)    pelatih/instruktur melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya memberikan pelatihan teknis kepada peserta didik pada kegiatan pelatihan;
10)  tenaga perpustakaan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya melaksanakan pengelolaan sumber belajar di perpustakaan;
11)  tenaga laboratorium melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya membantu guru mengelola kegiatan praktikum di laboratorium;
12)  teknisi sumber belajar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mempersi-apkan, merawat, memperbaiki sarana dan prasarana pembelajaran;
13)  tenaga administrasi melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam menyelenggarakan pelayanan administratif;
14)  tenaga kebersihan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan layanan kebersihan lingkungan.

7. Bidang Sarana dan Prasarana
a.    Sekolah/Madrasah menetapkan kebijakan program secara tertulis mengenai pengelolaan sarana dan prasarana.
b.    Program pengelolaan sarana dan prasarana mengacu pada Standar Sarana dan Prasarana dalam hal:
1)    merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan;
2)    mengevaluasi dan melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana agar tetap berfungsi mendukung proses pendidikan;
3)    melengkapi fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas di sekolah/ madrasah;
4)    menyusun skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat;
5)    pemeliharaan semua fasilitas fisik dan peralatan dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.
c.    Seluruh program pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan disosialisasikan kepada pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
d.    Pengelolaan sarana prasarana sekolah/madrasah:
1)      direncanakan secara sistematis agar selaras dengan pertumbuhan kegiatan akademik dengan mengacu Standar Sarana dan Prasarana;
2)      dituangkan dalam rencana pokok (master plan) yang meliputi gedung dan laboratorium serta pengembangannya.
e.    Pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah perlu:
1)     menyediakan petunjuk pelaksanaan operasional peminjaman buku dan bahan pustaka lainnya;
2)     merencanakan fasilitas peminjaman buku dan bahan pustaka lainnya sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan pendidik;
3)     membuka pelayanan minimal enam jam sehari pada had kerja:
4)     melengkapi fasilitas peminjaman antar perpustakaan, baik internal maupun eksternal;
5)     menyediakan pelayanan peminjaman dengan perpustakaan dari sekolah/ madrasah lain baik negeri maupun swasta.
f.     Pengelolaan laboratorium dikembangkan sejalan dengan perkembangan ilnm peneetahuan dan teknologi serta dilengkapi dengan manual yang jelas sehingga tidak terjadi kekeliruan yang dapat menimbulkan kerusakan.
g.    Pengelolaan fasilitas fisik untuk kegiatan ekstra-kurikuler disesuaikan dengan perkembangan kegiatan ekstra-kurikuler peserta didik dan mengacu pada Standar Sarana dan Prasarana.

8. Bidang Keuangan dan Pembiayaan
a.   Sekolah/Madrasah menyusun pedoman pengeiolaan biaya investasi dan operasional yang mengacu pada Standar Pembiayaan.
b.   Pedoman pengeiolaan biaya investasi dan operasional Sekolah/Madrasah mengatur:
1)    sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola;
2)    penyusunan dan pencairan anggaran, serta penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional;
3)    kewenangan dan tanggungjawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya;
4)    pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran, untuk dilaporkan kepada komite sekolah/madrasah, serta institusi di atasnya.
c.    Pedoman pengeiolaan biaya investasi dan operasional sekolah/madrasah diputuskan oleh komite sekolah/madrasah dan ditetapkan oleh kepala sekolah/ madrasah serta mendapatkan persetujuan dari institusi di atasnya.
d.   Pedoman pengeiolaan biaya investasi dan operasional sekolah/madrasah disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah/madrasah untuk menjamin tercapainya pengeiolaan dana secara transparan dan akuntabel.

9. Budaya dan Lingkungan Sekolah/Madrasah
a.   Sekolah/Madrasah menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang eflsien dalam prosedur pelaksanaan.
b.   Prosedur pelaksanaan penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pendidikan:
1)    berisi prosedur tertulis mengenai informasi kegiatan penting minimum yang akan dilaksanakan;
2)    memuat judul, tujuan, lingkup, tanggung jawab dan wewenang, serta penjelasannya;
3)    diputuskan oleh kepala sekolah/madrasah dalam rapat dewan pendidik.
c.    Sekolah/Madrasah menetapkan pedoman tata-tertib yang berisi:
1)    tata tertib pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, termasuk dalam hal menggunakan dan memeiihara sarana dan prasarana pendidikan;
2)    petunjuk, peringatan, dan larangan dalam berperilaku di Sekolah/Madrasah, serta pemberian sangsi bagi warga yang melanggar tata tertib.
d.   Tata tertib sekolah/madrasah ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah melalui rapat dewan pendidik dengan mempertimbangkan masukan komite sekolah/madrasah, dan peserta didik.
e.   Sekolah/Madrasah menetapkan kode etik warga sekolah/madrasah yang memuat norma tentang:
1)    hubungan sesama warga di dalam lingkungan sekolah/madrasah dan hubungan antara warga sekolah/madrasah dengan masyarakat;
2)    sistem yang dapat memberikan penghargaan bagi yang mematuhi dan sangsi bagi yang melanggar.
f.     Kode etik sekolah/madrasah ditanamkan kepada seluruh warga sekolah/ madrasah untuk menegakkan etika sekolah/madrasah.
g.    Sekolah/Madrasah perlu memiliki program yang jelas untuk meningkatkan kesadaran beretika bagi semua warga sekolah/madrasahnya.
h.   Kode etik sekolah/madrasah yang mengatur peserta didik memuat norma untuk:
1)    menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya;
2)    menghormati pendidik dan tenaga kependidikan;
3)    mengikuti proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan mematuhi semua peraturan yang berlaku;
4)    memeiihara kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman;
5)    mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi sesama;
6)    mencintai lingkungan, bangsa, dan negara; serta
7)    menjaga dan memeiihara sarana dan prasarana, kebersihan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kenyamanan sekolah/madrasah.
i.     Peserta didik dalam menjaga norma pendidikan perlu mendapat bimbingan dengan keteladanan, pembinaan dengan membangun kemauan, serta pengembangan kreativitas dari pendidik dan tenaga kependidikan.
j.    Kode etik sekolah/madrasah yang mengatur guru dan tenaga kependidikan memasukkan larangan bagi guru dan tenaga kependidikan, secara perseorangan maupun kolektif, untuk:
1)     menjual buku pelajaran, seragam/bahan pakaian sekolah/madrasah, dan/ atau perangkat sekolah lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada peserta didik;
2)     memungut biaya dalam memberikan bimbingan belajar atau les kepada peserta didik;
3)     memungut biaya dari peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung yang bertentangan dengan peraturan dan undang-undang;
4)     melakukan sesuatu baik secara langsung maupun tidak langsung yang mencederai integritas hasil Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional.
k.    Kode etik sekolah/madrasah diputuskan oleh rapat dewan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.

10. Peranserta Masyarakat dan Kemitraan Sekolah/Madrasah
a.   Sekolah/Madrasah melibatkan warga dan masyarakat pendukung sekolah/ madrasah dalam mengelola pendidikan.
b.   Warga sekolah/madrasah dilibatkan dalam pengelolaan akademik.
c.    Masyarakat pendukung sekolah/madrasah dilibatkan dalam pengelolaan non-akademik.
d.   Keterlibatan peranserta warga sekolah/madrasah dan masyarakat dalam pengelolaan dibatasi pada kegiatan tertentu yang ditetapkan.
e.   Setiap sekolah/madrasah menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, berkaitan dengan input, proses, output, dan pemanfaatan lulusan.
f.     Kemitraan sekolah/madrasah dilakukan dengan lembaga pemerintah atau non-pemerintah.
g.    Kemitraan SD/MI/SDLB atau yang setara dilakukan minimal dengan SMP/MTs/SMPLB atau yang setara, serta dengan TK/RA/BA atau yang setara di lingkungannya.
h.   Kemitraan SMP/MTs/SMPLB, atau yang setara dilakukan minimal dengan SMA/SMK/SMALB, MA/MAK, SD/MI atau yang setara, serta dunia usaha dan dunia industri.
i.     Kemitraan SMA/SMK, MA/MAK, atau yang setara dilakukan minimal dengan perguruan tinggi, SMP/MTs, atau yang setara, serta dunia usaha dan dunia industri di lingkungannya.
j.    Sistem kemitraan sekolah/madrasah ditetapkan dengan perjanjian secara tertulis.

C. PENGAWASAN DAN EVALUASI
1. Program Pengawasan
a.   Sekolah/Madrasah menyusun program pengawasan secara obyektif, bertanggungjawab dan berkelanjutan.
b.   Penyusunan program pengawasan di sekolah/madrasah didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan.
c.    Program pengawasan disosialisasikan ke seluruh pendidik dan tenaga kependidikan.
d.   Pengawasan pengelolaan sekolah/madrasah meliputi pemantauan, supervisi,  evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan.
e.   Pemantauan pengelolaan sekolah/madrasah dilakukan oleh komite sekolah/ madrasah atau bentuk lain dari lembaga perwakilan pihak-pihak yang berkepentingan secara teratur dan berkeianjutan untuk menilai efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas pengelolaan.
f.     Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah.
g.    Guru melaporkan hasil evaluasi dan penilaian sekurang-kurangnya setiap akhir semester yang ditujukan kepada kepala sekolah/madrasah dari orang tua/wali peserta didik.
h.   Tenaga kependidikan melaporkan pelaksanaan tekms dari tugas masing-masing sekurang-kurangnya setiap akhir semester yang ditujukan kepada kepala sekolah/madrasah. kepala sekolah/madrasah, secara terus menerus melakukan pengawasan pelaksanaan tugas tenaga kependidikan.
i.     Kepala sekolah/madrasah melaporkan hasil evaluasi kepada komite sekolah/ madrasah dan pihak-pihak lain yang berkepentingan sekurang-kurangnya setiap akhir semester.
j.    Pengawas sekolah melaporkan hasil pengawasan di sekolah kepada bupati/ walikota melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang bertanggungjawab di bidang pendidikan dan sekolah yang bersangkutan, setelah dikonfirmasikan pada sekolah terkait.
k.    Pengawas madrasah melaporkan hasil pengawasan di madrasah kepada Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota dan pada madrasah yang bersangkutan, setelah dikonfirmasikan pada madrasah terkait.
l.     Setiap pihak yang menerima laporan hasil pengawasan menindaklanjuti laporan hasil pengawasan tersebut dalam rangka meningkatkan mutu sekolah/ madrasah, termasuk memberikan sanksi atas penyimpangan yang ditemukan.
l.     Sekolah/Madrasah mendokumentasikan dan menggunakan hasil pemantauan, supervisi, evaluasi, dan pelaporan serta catatan tindak lanjut untuk memperbaiki kinerja sekolah/madrasah, dalam pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan secara keseluruhan.

2. Evaluasi Diri
a.   Sekolah/Madrasah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah/madrasah.
b.   Sekolah/Madrasah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan.
c.    Sekolah/Madrasah melaksanakan:
1)    evaluasi proses pembelajaran secara periodik, sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun, pada akhir semester akademik;
2)    evaluasi program kerja tahunan secara periodik sekurang-kurangnya satu kali dalam setahun, pada akhir tahun anggaran sekolah/madrasah.
d.   Evaluasi diri sekolah/madrasah dilakukan secara periodik berdasar pada data dan informasi yang sahih.

3. Evaluasi dan Pengembangan KTSP
Proses evaluasi dan pengembangan KTSP dilaksanakan secara:
  1. komprehensif dan fleksibel dalam mengadaptasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir;
  2. berkala untuk merespon perubahan kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta perubahan sistem pendidikan, maupun perubahan sosial;
  3. integratif dan monolitik sejalan dengan perubahan tingkat mata peiajaran;
  4. menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak meliputi: dewan pendidik, komite sekolah/madrasah, pemakai lulusan, dan alumni.

4. Evaluasi Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  1. Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan direncanakan secara komprehensif pada setiap akhir semester dengan mengacu pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
  2. Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan meliputi kesesuaian penugasan dengan keahlian, keseimbangan beban kerja, dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas.
  3. Evaluasi kinerja pendidik harus memperhatikan pencapaian prestasi dan perubahan-perubahan peserta didik.

5. Akreditasi Sekolah/Madrasah
a.   Sekolah/Madrasah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengikuti akreditasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
b.   Sekolah/Madrasah meningkatkan status akreditasi, dengan menggunakan lembaga akreditasi eksternal yang memiliki legitimasi.
c.    Sekolah/Madrasah harus terus meningkatkan kualitas kelembagaannya secara holistik dengan menindaklanjuti saran-saran hasil akreditasi.

D. KEPEMIMPINAN SEKOLAH/MADRASAH
1.    Setiap sekolah/madrasah dipimpin oleh seorang kepala sekolah/madrasah.
2.    Kriteria untuk menjadi kepala dan wakil kepala sekolah/madrasah berdasarkan ketentuan dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan.
3.    Kepala SMP/MTs/SMPLB dibantu minimal oleh satu orang wakil kepala sekolah/ madrasah.
4.    Kepala SMA/MA dibantu minimal tiga wakil kepala sekolah/madrasah untuk bidang akademik, sarana-prasarana, dan kesiswaan. Sedangkan kepala SMK dibantu empat wakil kepala sekolah untuk bidang akademik, sarana-prasarana. kesiswaan, dan hubungan dunia usaha dan dunia industri. Dalam hal tertentu atau sekolah/madrasah yang masih dalam taraf pengembangan, kepala sekolah/ drasah dapat menugaskan guru untuk melaksanakan fungsi wakil kepala sekolah/ madrasah.
5.    Wakil kepala sekolah/madrasah dipilih oleh uewan pendidik, dan proses pengangkatan serta keputusannya, dilaporkan secara tertulis oleh kepala sekolah/madrasah kepada institusi di atasnya. Dalam hal sekolah/madrasah swasta, institusi dimaksud adalah penyelenggara sekolah/madrasah.
6.    Kepala dan wakil kepala sekolah/madrasah memiliki kemampuan memimpin yaitu seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dimiliki,  dihayati, dikuasai, dan diwujudkannya dalam melaksanakan tugas keprofesi-onalan sesuai dengan Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan.
7.    Kepala sekolah/madrasah:
a.   menjabarkan visi ke dalam misi target mutu;
b.   merumuskan tujuan dan target mutu yang akan dicapai;
c.    menganalisis tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan sekolah/ madrasah;
d.   membuat rencana kerja strategis dan rencana kerja tahunan untuk pelaksanaan peningkatan mutu;
e.   bertanggung jawab dalam membuat keputusan anggaran sekolah/madrasah:
f.     melibatkan guru, komite sekolah dalam pengambilan keputusan penting sekolah/madrasah. Dalam hal sekolah/madrasah swasta, pengambilan keputusan tersebut harus melibatkan penyelenggara sekolah/madrasah;
g.    berkomunikasi untuk menciptakan dukungan intensif dari orang tua peserta didik dan masyarakat;
h.   menjaga dan meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan menggunakan sistem pemberian penghargaan atas prestasi dan sangsi atas pelanggaran peraturan dan kode etik;
i.     menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik;
j.    bertanggung jawab atas perencanaan partisipatif mengenai pelaksanaan kurikulum;
k.    melaksanakan dan merumuskan program supervisi, serta memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja sekolah/madrasah;
l.     meningkatkan mutu pendidikan;
m.  memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya;
n.   memfasilitasi pengembangan, penyebarluasan, dan pelaksanaan visi pembelajaran yang dikomunikasikan dengan baik dan didukung oleh komunitas sekolah/madrasah;
o.   membantu, membina, dan mempertahankan iingkungan sekolah/madrasah dan program pembelajaran yang kondusif bagi proses belajar peserta didik dan pertumbuhan profesional para guru dan tenaga kependidikan;
p.   menjamin manajemen organisasi dan pengoperasian sumber daya sekolah/ madrasah untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, sehat, efisien, dan efektif;
q.   menjalin kerja sama dengan orang tua peserta didik dan masyarakat, dan komiie sekolah/madrasah menanggapi kepentingan dan kebutuhan komunitas yang beragam, dan memobilisasi sumber daya masyarakat;
r.    memberi contoh/teladan/tindakan yang bertanggung jawab.
8.    Kepala sekolah/madrasah dapat mendelegasikan sebagian tugas dan kewenangan kepada wakil kepala sekolah/madrasah sesuai dengan bidangnya.

E. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
1.    Sekolah/Madrasah:
a.      mengelola sistem informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel;
b.      menyediakan fasilitas informasi yang efesien, efektif dan mudah diakses;
c.      menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani permintaan informasi maupun pemberian informasi atau pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah/madrasah baik secara lisan maupun tertulis dan semuanya direkam dan didokumentasikan;
d.      melaporkan data informasi sekolah/madrasah yang telah terdokumentasikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
2.    Komunikasi antar warga sekolah/madrasah di lingkungan sekolah/madrasah dilaksanakan secara efisien dan efektif.

F. PENILAIAN KHUSUS
Keberadaan sekolah/madrasah yang pengelolaannya tidak mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan dapat memperoleh pengakuan Pemerintah atas dasar rekomendasi BSNP.

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

TTD.
BAMBANG SUDIBYO

SILAHKAN DOWNLOAD Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan

0 Response to "Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan"

Post a Comment