Warta Madrasah - sahabat warta madrasah pada kesempatan kali ini kita akan mengkaji tentang Apa Itu Strategi Pembelajaran? berikut selengkapnya. Secara
harfiah, kata “strategi” dapat diartikan sebagai seni (art) melaksanakan stratagem yakni
siasat atau rencana. Dalam perspektif psikologi, kata strategi yang berasal
dari bahasa Yunani, berarti rencana tindakan yang terdiri atas seperangkat
langkah untuk memecahkan masalah atau tujuan.4 Sedangkan dalam Kamus Besar
Bahasa Indonesia strategi
diartikan sebagai rencana cermat tentang
suatu kegiatan
guna meraih suatu target atau sasaran.5
Dari
uraian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi merupakan
sejumlah rencana yang sudah diatur sedemikian rupa untuk mencapai tujuan
pengajaran tertentu. Dengan demikian antara strategi dan metode memiliki arti
atau makna yang berbeda. Di mana kalau metode berkaitan langsung dengan
pembelajaran (antara guru dan siswa), maka strategi mengatur ketepatan
penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran. Dengan kata lain strategi
pembelajaran mengandung arti lebih luas dari pada metode. Strategi pembelajaran
menurut para ahli pendidikan yaitu:
1)
Pakar
Psikologi Pendidikan Australia Michael J. Lawson (1991) yang dikutip oleh
Muhibbin Syah dalam buku Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru,
mengartikan strategi pembelajaran sebagai prosedur mental yang berbentuk
tatanan langkah yang menggunakan upaya ranah cipta untuk mencapai tujuan
pembelajaran tertentu.6
2)
Geriach
dan Ely (1980) yang dikutip oleh Muhibbin Syah dalam buku Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, menjelaskan bahwa
strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan
metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Di mana strategi
pembelajaran yang dimaksud meliputi sifat lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran
yang dapat
memberikan pengalaman belajar peserta didik.7
3)
Drs.
J.J. Hasibuan dan Drs. Moedjiono menjelaskan bahwa strategi dalam pembelajaran
adalah pola umum perbuatan guru dan murid di dalam proses pembelajaran.8
Dengan
memahami beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran adalah siasat guru dalam mengefektifkan, mengefisienkan, serta
mengoptimalkan fungsi dan interaksi antara siswa dengan komponen pembelajaran
dalam suatu kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran.
b. Komponen
Strategi Pembelajaran
Ada
beberapa hal pokok yang harus diperhatikan guru dalam melaksanakan strategi
pembelajaran, diantaranya adalah tahapan- tahapan pembelajaran. Menurut Riyanto
terdapat 3 tahapan dalam strategi pembelajaran yaitu:
1)
Tahap
pendahuluan (Pra-Instruksional) adalah kegiatan persiapan guru sebelum kegiatan
pembelajaran dimulai. Pada kegiatan ini guru diharapkan dapat menarik minat
peserta didik atas materi pelajaran yang disampaikan. Kegiatan pendahuluan yang
disampaikan dengan menarik dan menyenangkan akan dapat memotivasi belajar
peserta didik yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Dalam kegiatan pembelajaran
pendahuluan yang dapat dilakukan guru, antara lain:
a)
Memeriksa
kehadiran siswa.
b)
Pretest
(menayangkan materi sebelumnya).
c)
Apersepsi (mengulas kembali secara singkat materi sebelumnya).
2)
Tahap
penyampaian informasi atau pengajaran (Instruksional) adalah langkah-langkah
yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung. Penyampaian informasi seringkali
dianggap sebagai suatu kegiatan yang paling penting dalam proses pembelajaran.
Dalam kegiatan ini, guru juga harus memahami dengan baik situasi dan kondisi
yang dihadapinya. Dengan demikian, informasi yang disampaikan dapat diserap
oleh peserta didik dengan baik. Dalam hal ini, kegiatan yang dilakukan guru,
antara lain:
a)
Menjelaskan
tujuan pengajaran pada siswa
b)
Menuliskan
pokok-pokok materi yang akan dibahas
c)
Membahas
pokok-pokok materi yang telah ditulis
d)
Menggunakan
alat peraga
e)
Menyimpulkan
hasil pembahasan dari semua pokok materi
3)
Tahap
penilaian dan tindak lanjut (evaluasi) adalah penilaian atas hasil belajar
siswa setelah mengikuti pembelajaran dan tidak lanjutnya. Kegiatan-kegiatan
yang dapat dilakukan oleh guru, antara lain:
a)
Mengajukan
pertanyaan pada siswa tentang materi yang telah dibahas
b) Mengulas kembali materi yang belum
dikuasai siswa
c)
Memberi
tugas atau pekerjaan rumah pada siswa
d)
Menginformasikan
pokok materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.9
Tahapan-tahapan
tersebut memiliki hubungan erat dengan penggunaan strategi pembelajaran. Oleh
karena itu, setiap penggunaan strategi pembelajaran harus merupakan
rangkaian yang utuh dengan
tahapan-tahapan pengajaran.
Demikian pembahasan kita tentang Apa Itu Strategi Pembelajaran? Semoga Bermanfaat.
REFERENSI
4 Muhibbin
Syah, Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2010), hlm. 214.
5 Tim Penyusun Kamus Pusat
Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,
(Jakarta: Balai Pustaka, 2005), hlm. 1463.
6
Muhibbin Syah, Psikologi
Pendidikan dengan Pendekatan Baru, hlm. 214.
7Hamzah
B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan
Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan
Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm.1.
8J.J. Hasibuan dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT.
Remaja Rosda Karya, 2009), hlm.3.
9 Nana
Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar
Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo.
2009), hlm.
147-151.
0 Response to "APA ITU STRATEGI PEMBELAJARAN?"
Post a Comment