Warta madrasah – Sahabat warta madrasah sebagai bentuk partisipasi
kami dalam menyukseskan Akreditasi Madrasah berikut kami berikan contoh Perangkat
Pembelajaran Mapel Bahasa Inggris MI Kelas 4 – 6
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang
keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa
diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang
lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu
mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara
lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi,
pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.
Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana,
yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang
direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan,
berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan
untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh
karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan
keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan
berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup performative,
functional, informational, dan epistemic.
Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan,
dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional,
orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari
seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational,
orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada
tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa
sasaran (Wells,1987).
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu ditetapkan standar
kompetensi bahasa Inggris bagi SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran
Bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Kompetensi lulusan SD/MI tersebut
selayaknya merupakan kemampuan yang bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan
untuk belajar bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah
kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan kelas dan
sekolah.
Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk
mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language
accompanying action. Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat
“here and now”. Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada
dalam konteks situasi. Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu
dipajankan dan dibiasakan dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency
pairs) yang merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih
kompleks.
Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language
accompanying action) dalam konteks sekolah
2.
Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk
meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI
mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah,
yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4. Menulis.
ketrampilan menulis dan membaca diarahkan
untuk menunjang pembelajaran komunikasi
lisan.
Demikian pembahasan tentang Perangkat
Pembelajaran Mapel Bahasa Inggris MI Kelas 4 – 6 Semoga bermanfaat.
Silahkan Donwload Perangkat
Pembelajaran Mapel Bahasa Inggris MI Kelas 4 – 6 di bawah ini
0 Response to "Perangkat Pembelajaran Mapel Bahasa Inggris MI Kelas 4 – 6"
Post a Comment